Press "Enter" to skip to content

Album: Griffin’s Holy Grove – Mala

Halo, warga kreatif. Kali ini saya mau sedikit mengulas album dari band asal Bandung yang bulan Desember 2015 kemarin baru aja ngadain mini concert bertajuk Mala Release Showcase di IFI Bandung. Udah tau dong siapa? Yes, Griffin’s Holy Grove.

Bahas Griffin’s Holy Grove dulu ah. Berdiri tahun 2008, mereka mengalami pendewasaan yang lumayan signifikan. Edan teu bahasana? Iya gitu lah kurang lebih. Karena lagu-lagu sebelumnya yang pernah saya denger dari mereka, nuansa metalcore-nya kentel banget bagaikan susu kaleng. Belum lagi beat-beat yang kenceng, yang sama sekali jarang dijumpai di album barunya yang sekarang. Jadi, kenapa nggak kalau Griffin’s Holy Grove dibilang mengalami pendewasaan dalam eksplorasi musiknya. Iya, nggak?

Di album barunya yang berjudul Mala, yang dirilis Sorge Records ini, alur lagunya hampir semuanya nggak terlalu jauh beda. Album berdurasi 61 menit ini, berisi 8 lagu yang terkesan ngebosenin, karena durasi waktu di lagu-lagunya lumayan lama. Tapi kalau disimak lagi, album ini cocok, asik, dan addicted buat santai di kamar sambil baca komik favorit. Semua lagunya penuh sama eksplorasi beat dan riff yang kentel ala progressive, ditambah tempo yang kadang naik di tengah-tengah lagu. Mantap ini!

Kayak 2 track awal, Aku & Benci dan World of Shadow, lagu ini cukup punya kesamaan. Di awal, mereka masih kental dengan riff metalcore, lalu di pertengahan lagu, barulah mereka mengeksplor permainan mereka dengan riff progressive ala-ala. Track ke-3 berjudul Hollow. Yang ini enak siah beneran! Lagu yang sebelumnya udah mereka rilis lewat Soundcloud ini lumayan beda sama 2 track pendahulunya. Memulainya dengan tempo yang lambat dan vokal yang nggak terlalu “keras”, dan di pertengahan barulah mereka nunjukin lagi permainan metalcore yang ciamik.

Lanjutin menuju Track ke-4, A Place To Be Alone. Lagu kejutan yang mereka kasih buat para pendengarnya, karena lagu ini nggak pake vokal, dan disimpen di tengah-tengah album. Nggak ada riff metal yang terlalu menonjol dan terdengar ganjil. Diikuti track-track selanjutnya yang nggak kalah edan, yaitu Rain Dance, By the Moon, serta track favorit saya, Hitam Terang. Berhubung favorit saya, jadi bakal bahas sedikit ah hahaha. Paduan yang cakep antara genjrengan gitar di awal lagu yang terkesan clean, diikuti vokal yang sangat rendah sebelum akhirnya teriak “hitam pekat belati..”. Dan seperti di track-track sebelumnya, eksplorasi di tengah lagu dengan menaikkan tempo ala progressive ngebuat lagu ini makin cantik. Aduhay~

Ditutup dengan track yang berjudul sama dengan nama album, Mala, yang katanya diambil dari kata “malapetaka”. Ditambah vokal cantik dari sesosok perempuan bernama Nesya, yang menurut saya lagu ini lebih cocok sebagai pembuka album. Tapi itulah Griffin’s Holy Grove, kejutannya memang enak buat disimak. Edan atuh kejutan. Belum lagi semua liriknya hampir mendekati kalimat-kalimat surealis yang jadi khas para psikedelia. Penasaran? Langsung hajar aja albumnya di record store terdekat. Selamat menikmati!

 

Tracklist:

1. Aku & Benci

2. World of Shaadow

3. Hollow

4. A Place To Be Alone With Their Thoughts

5. Rain Dance

6. By The Moon

7. Hitam Terang

8. Mala

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *