Press "Enter" to skip to content

Album: Fami – International Bitter Day EP

Fami Redwan http://medrxdot.com (selanjutnya akan saya tulis Fami saja) adalah seorang vokalis sekaligus frontman dari sebuah band punk “tua” asal kota Makassar bernama The Hotdogs. Selain bermusik bersama The Hotdogs, ternyata Fami juga memiliki proyek solo dan beberapa bulan kemarin do’i mengeluarkan sebuah EPberjudul International Bitter Day, yang dirilis sama Elevation Records.

Musik yang dibawa sama Fami di EP-nya ini, mungkin termasuk eksperimental dan agak psychedelic. Lagu yang ada di International Bitter Day EP ini nggak terlalu banyak, cuma ada 5 track di dalamnya. Yaiyalah, namanya juga EP, bukan album. Heu. Dengan durasi rata-rata gak lebih dari 4 menit doang.

Track pembuka EP ini adalah My Schism, Your Perspective, lagu instrumental berdurasi 3:20 ini enak pisan kalau didengerin sambil merem, enjoy gitu rasanya teh, serasa lagu-lagu meditasi yang bikin badan jadi rileks. Cobain gera. Nggak salah deh Fami milih lagu ini jadi track pembuka.Lanjut di track kedua ada Gegap Gulana, nah ini nih salah satu track enak yang terdapat di EP ini. Di lagu ini Fami bikin komposisi gabungan antara musik yang ditulisnya sendiri dengan suara sitar dari lagu Raghuvamsa Sudha yang do’i ambil dari Youtube. Dan hasilnya? Cocok pisan.

Di track ketiga ada Delusional Permanence, dimana Fami kembali berkesperimen di lagu ini, komposisi yang disuguhkan kali ini adalah gabungan antara suara ombak yang direkam sendiri di sebuah dermaga di pulau Samalona, Makassar, sampling monolog dari karakter di game GTA Vice City dan juga musik yang ditulisnya sendiri. Kewl!




Berikutnya ada lagu International Bitter Day, di lagu ini Fami nggak cuma nyanyi sendirian, tapi berduet sama seorang teteh geulis bernama Tiara Robertson. Sesuai judulnya, lirik di lagu ini emang pait, nih penggalan liriknya “…Run while you can, Don’t worry ‘bout me, I can’t keep you warm, my hands are going numb…”, sedih nggak? Sedih kan.

Track penutup di EP ini, yaitu Membusuklah Berasamaku. Suasana musik yang dibawakan Fami di lagu ini agak sedikit ceria dengan melodi synth yang catchy dan juga ketukan drum yang simple. Liriknya juga nggak boleh dilewatin, tapi nggak mau ngasih spoiler ah. Biar pada penasaran. Xixixi.

Tapi tenang, walaupun berisi 5 track doang, menurut saya album ini tetep worth to collect, kok, soalnya packaging-nya cukup unik. Dalam packaging-nya itu, kalian bakalan dikasih 5 tambahan art cover, selain dari cover utamanya, jadi cover dari albumnya ini bisa kalian ganti-ganti sesuai suasana hati kalian. Ih kreatif pisan kan. Dan dibalik masing-masing art cover-nya terdapat lirik-lirik dari lagu yang ada di albumnya ini dan juga 2 liner notes yang masing-masing tertulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Sok atuh cepetan beli albumnya, tunggu apalagi? Lumayan kan buat nambah-nambah koleksi rilisan fisik lokal.

Tracklist :

  1. My Schism, Your Perspective
  2. Gegap Gulana
  3. Delusional Permanence
  4. International Bitter Day (feat. Tiara Robertson)
  5. Membusuklah Bersamaku

2 Comments

Comments are closed.