Press "Enter" to skip to content

Album: Danger Ranger – Esok Hari Kan Cerah

Setelah 4 tahun tanpa rilisan fisik, Danger Ranger akhirnya kembali dengan album anyar, Esok Hari Kan Cerah. Ya, album yang sebelumnya mereka “bocorkan” di Roi Session #7.  Dengan packaging yang unik, album yang berisikan 8 trek ini, didistribusi melalui Young Hearts Records. Mari kita selami apa yang disajikan oleh unit pop-punk asal Bandung di album barunya ini.

Trek pertama dibuka dengan Satukan Perbedaan. Masih memegang karakter Danger Ranger (DR) yang enerjik dan memang pantas untuk membuka perjalanan album ini. Well, ada nuansa yang beda dengan lagu-lagu DR sebelumnya. Entah kenapa, lagu ini terdengar begitu emosional. Walaupun yaaa… Danger Ranger tetaplah Danger Ranger. Danger Dancer (fanbase DR, RED), pasti ngerti maksudnya..

Di trek ke-2 ada Menunggu Tuk Dilalui. Dengan vokal yang disimpan di belakang musik, kayak band-band hipster dengan sound lofi membuat saya menikmati dengan khidmat dan hampir terbuai saat gitar akustik dimainkan. Walaupun, lama-kelamaan saya agak menyayangkan juga, harusnya dengan musik enerjik seperti ini, vokal Aldy dan Iing bisa lebih powerful.

Oke, lanjut ke Maya di trek ke-3, mengalun dengan santun di telinga saya. Dengan lirik yang cukup menyayat hati jadi kepikiran buat menghubungin mantan lagi yang nggak tau ada di mana sekarang. Huhu. Tepat kalau menjadikan lagu ini jadi single ke-2. Selain emang catchy di telinga, lagu ini juga terdengar “megah”.

Trek ke-4 ada Tetaplah Bersinar. Lagu ini pernah dirilis duluan sebagai single. Seperti kata Danger Ranger di Roi Session #7, lagu ini adalah penegasan kalau pil pahit major label yang pernah mereka telan nggak jadi hambatan untuk tetap menjaga eksistensi. Oke, semangat itu kerasa, kok, di lagu ini. Saat mendengarkannya, saya jadi teringat kejayaan Danger Ranger tahun 2009-2010. Setuju?

Hingga Saat Nanti berada di trek ke-5. Lagu minimalis, gampang untuk diingat. Dengan ketukan drum, dentuman bass, dan suara tuts piano yang melengkapi satu sama lain, menjadikan lagu ini sangat manis. Oh ya, ngomongin minimalis, kalau kamu jeli, sebagian besar lagu-lagu yang ada di album ini sepertinya banyak dipengaruhi band-band pop lokal 90-an. Nggak heran kalau pada akhirnya pemilihan-pemilihan nada vokal pada album ini pun terdengar familiar.

Mmm.. Selanjutnya ada Mesin Waktu. Menurut saya, lagu ini nggak perlu jadi tracklist. Keberadaannya, justru bikin saya nggak jadi ngasih kesimpulan: “fresh!” pada Esok Hari Kan Cerah. Ya, masalahnya, nuansa album perdana Party Animal (2010) benar-benar masih terdengar kental di lagu ini. Mungkin pendapat saya bakal berubah kalau lagu ini disajikan dengan versi yang berbeda.

Di trek ke-7 ada Sebelum Terang yang memang cocok didengarkan di waktu-waktu orang tua kalian pada tidur. Saya merasa rileks mendengarkan lagu ini yang full dengan vokal dan gitar akustik. Seakan menyuruh untuk mengulang kembali kejadian apa saja yang telah terlewati di dalam ingatan. Edan! Trek terakhir alias trek  ke-8 ada Berarti Tanpamu. Lagu ini memiliki komposisi yang pas untuk dijadikan sebagai lagu penutup. Lagi-lagi terdengar minimalis namun terasa megah kalau didengarkan secara seksama. Asik lah pokoke!

Overall, di satu sisi saya seneng, Danger Ranger nggak 180 derajat mengubah warna musiknya. Yaa… ada hikmahnya juga Danger Ranger keluar dari major label. Usaha Danger Ranger untuk menyeimbangkan kadar idealis dan komporomis, cukup berhasil.  Di sisi lain, saya agak khawatir juga. Sebabnya, nggak banyak yang berubah di divisi vokal yang minim inovasi. Walaupun saya jamin album ini bisa mengobati rindu para Danger Dancer, saya nggak yakin kalau album ini bisa mengulang kejayaan DR, waktu mereka digandrungi dedek-dedek gemes.

Ah… semoga prediksi saya salah, siapa tau sekarang malah mba-mba gemes yang menggandrungi mereka. Seger.

 

Tracklist:

1. Satukan Perbedaan

2. Menunggu Tuk Dilalui

3. Maya

4. Tetaplah Bersinar

5. Hingga Saat Nanti

6. Mesin Waktu

7. Sebelum Terang

8. Berarti Tanpamu

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *