Press "Enter" to skip to content

Album: Damon Albarn – Everyday Robots

Damon Albarn, seorang frontman sekaligus vokalis dari band kebanggaan UK, Blur, telah merampungkan album solo debutnya yang berjudul Everyday Robots. Albarn, yang juga memiliki sejumlah proyek sampingan seperti band virtual Gorillaz dan The Good, The Bad, The Queen, untuk kali ini akan menggunakan namanya sendiri dalam mempromosikan album solonya yang di rilis pada tanggal 28 April 2014 di bawah label Parlophone. Dalam proses pengerjaan album ini, Albarn menggandeng sejumlah musisi dan produser papan atas seperti Natasha Khan yang merupakan vokalis dari band Bat For Lashes, The Leytonstone City Mission Choir, dan juga Brian Eno.

Everyday Robots, menurut saya adalah sebuah album yang sangat personal dan menceritakan pengalaman hidup Albarn, dimana pada departemen lirik terasa sangat melankolis dan introspektif. Sedangkan dalam penyusunan lagu, secara keseluruhan album ini memainkan downtempo beats yang di kemas manis dengan tambahan anekaragam instrumen analog dan electronica sounds yang disuguhkan secara multi-layered dan terdengar megah.

Salah satu track kesukaan saya adalah Mr. Tembo. Pemilihan gitar ukulele, merupakan pilihan tepat yang menjadikan lagu ini terdengar paling berbeda pada album Everyday Robots. Dibarengi dengan vokal Albarn yang bersahutan dengan backing vocal choir, Mr. Tembo seolah-olah membawa saya ke padang rumput eksotis Afrika yang dipenuhi oleh semak dan diselingi beberapa pohon dan tumbuhan ilalang. Kemudian, terdapat beberapa hewan seperti gajah dan zebra yang sedang jalan berkelompok. Mr. Tembo sendiri, menceritakan seekor bayi gajah yang ditemui terpisah dengan induknya ketika Albarn sedang berkunjung ke Tanzania.

Tracks menarik lainnya adalah The Selfist Giant, sebuah lagu ballad swing era romantisme yang menampilkan suara merdu Natasha Khan dengan ketukan glitchy dan nada-nada melodi piano sederhana namun indah dan Heavy Seas of Love, merupakan lagu penutup yang sangat catchy nan megah dengan Brian Eno dan The Leytonstone City Mission Choir yang memegang kendali pada lagu ini. Melalui Everyday Robots, Damon Albarn menunjukan bahwa dia adalah salah satu penulis lagu sekaligus produser berbakat yang pernah ada dalam sejarah industri musik modern.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *