Press "Enter" to skip to content

Album: Canis – Vulgaris

Fresh! Ya itulah kata yang patut diberikan kepada band satu ini, Canis! Quartet Modern Rock/Funk asal Jakarta ini kebentuk pada bulan Januari 2013 dengan beranggotakan Reynir Fauzan (Vokal), Iman Lazuardi (Gitar), Andreas Susanto (Bass) dan Satrio Rama (Drum). Canis kebentuk dari proyekan musik yang berbasis di Bandung dan Jakarta, yaitu Bard Shuffle dan Kacang Mede. Mungkin teman-teman udah ada yang familiar dengan dua nama tadi. Kemunculan Canis ini bisa dibilang sebuah gebrakan, penyegaran dan menandakan bahwa unit Modern Rock/Funk itu bakal tetep eksis dan semakin berkembang. Sedap!

Sebelumnya saya gak ngeuh sama keberadaan mereka. Usut punya usut saya iseng tuh ngebuka bandcampnya karena menurut teman saya band satu ini rekomendasi banget buat yang rindu sama musik Modern Rock/Funk Rock di mid 70-an dan musik-musik dari Red Hot Chilli Peppers, Supergroove, bahkan Incubus awal. Bener aja tuh, Canis nyuguhin beberapa demonya yang pada saat itu sempat bebas unduh, yaitu Cherry Pie, Off The Hook, Bong, Bong, Bong, The “Great” Buffalo Gigolo, Fool, dan Mother Bear’s Little Heart (Remastered). Alhasil respon bagus pun datang secara berantai ke band satu ini. Ah apalagi yang bisa ucapin selain harus waspada dengan Canis!

Selang beberapa bulan dari demo mereka, ada kabar kalo 14 februari 2014 kemarin, Canis udah rilis full albumnya via Demajors Records dan mereka namain albumnya itu “Vulgaris”. Salut nih! Band yang bisa dibilang belum lama kebentuk tapi udah berani rilis full album dan konsepnya emang bener-bener mateng. Sesuai dengan ekspektasi, album ini sempurna, jauh dari kata mengecewakan.

Di setiap tracknya bakal ada kesan berbeda, mulai dari hentakan drum yang dominan, suara bass yang terdengar jazzy dan nakal, petikan gitar yang tajam dan seringkali berhenti mendadak tapi gak keluar temponya dan gak ketinggalan, harmonisasi vokal soul/pop yang kental dibalut lirik yang catchy. Ada satu track nih yang beda. Set akustik yang ciamik di track December (Till We Meet Again). Sumpah 11 track ini bikin nagih, cuy! Nah album Vulgaris ini cocok didengerin kalo lagi lemah, lesu, lunglai, dan letih. Soalnya beat-beat di lagu ini bakal bikin kalian semangat. Kalo bahasa gaulnya itu Moodbooster bangetz.

Eh iya, Canis juga bisa dibilang baik banget. Showing their love gitu. Gimana emang? Jadi album Vulgaris ini bebas streaming lewat bandcampnya. Nah bandcampnya disini http://canisjakarta.bandcamp.com/, tapi lebih asik sih beli rilisannya. Di iTunes juga udah ada loh. Ayo beli yo.

Tracklist Vulgaris

1. Dopamine Blues

2. Cherry Pie

3. The “Great” Buffalo Gigolo

4. Ballad Of The Lonely Bones

5. Bong, Bong, Bong

6. Swoon Over You

7. Off The Hook

8. December (Till We Meet Again)

9. Hot Love

10. Fool

11. Mother Bear’s Little Heart

 

Canis – Vulgaris

Dirilis via Demajors Records

Info album, Contact Person, dan lain-lain bisa hubungi band atau record label yang bersangkutan.

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *