Press "Enter" to skip to content

Album: Bottlesmoker – Hypnagogic (Part 1)

Kabar mengenai akan dirilisnya sebuah album fisik dari Bottlesmoker sudah beredar dari beberapa bulan yang lalu. Pada kabar sebelumnya, album Hypnagogic ini rencananya akan dirilis pada bulan September 2014, namun ternyata mesti molor beberapa bulan. Lalu tiba-tiba muncul sebuah kabar bahwa Bottlesmoker akan merilis album fisik tersebut sekaligus mengadakan sebuah gelaran bertajuk Hypnagogic Journey Concert. Berbekal kabar tadi, saya akhirnya datang pada gelaran tersebut  buat beli albumnya dengan harga khusus. Hehe.

Hypnagogic sendiri artinya adalah sebuah kondisi antara mimpi dan kenyataan, perbatasan antara tidur dan bangun, meninggalkan mimpi dan sedang menuju kesadaran. Beuh, keren kan? Dan asumsi saya lagu-lagu di album ini bisa bikin kita berada pada kondisi Hypnagogic tersebut. Entahlah.

Album yang sebenarnya udah dirilis 2013 lalu ini dikemas secara deluxe dan layak banget buat dikoleksi. Karena, selain packaging-nya yang menarik, terdapat juga sebuah catatan perjalanan Bottlesmoker selama melakukan Asia Tour beberapa tahun belakangan. Album ini berisi 2 disc, yang masing-masing disc-nya terdiri dari 12 lagu dan juga sebuah Hidden Track.

Aurora Twin dipilih menjadi pembuka disc 1 dari album ini. Di lagu yang punya suasana kalem nan santay ini Bottlesmoker seakan-akan bilang “Hallo! Selamat datang di dunia kami dan selamat menikmati albumnya”. Nggak salah deh kalau lagu ini disimpen di awal. Selain buat pengenalan, mungkin mereka juga pengen para pendengarnya buat adaptasi dulu sama aransemen lagu ala Bottlesmoker, biar nggak kaget gitu.

Dilanjut sama track berjudul Love Saturday. Sesuai judulnya, suasana di lagu ini bener-bener bikin kita serasa di hari Sabtu, di mana waktunya kita buat kongkow bareng manteman, pacaran, atau sekedar ngabisin waktu buat “me time”. Ciegt pake Bahasa Inggris. Sepanjang denger lagu ini, bawaannya tuh ceria, bikin pengen loncat-loncat atau joget nggak jelas bareng temen-temen, segala beban kuliah atau pikiran selama seminggu teh berasa nggak ada. Plong aja gitu. Enak lah pokoknya mah, salah satu track favorit saya, nih.

Selanjutnya ada Pixel Heart. Masih dengan suasana yang sama kayak track sebelumnya, lagu ini seakan-akan jadi kelanjutan dari Love Saturday. Ketukan drum yang upbeat, melodi synth yang catchy dan sisipan suara eksperimental sukses mempertahankan suasana lagu yang cerah, senang nan ceria. Cocok buat didengerin sebagai moodbooster kalau pas lagi bete. Hehe.

Track Roses merupakan track yang cukup spesial. Kenapa? Karena pada lagu ini, Bottlesmoker berkesempatan buat kolaborasi dengan musisi asal Negeri Sakura bernama Cokiyu. Nggak kayak lagu-lagu sebelumnya yang ceria, lagu ini sangat kental dengan nuansa ambient. Komposisi musik Bottlesmoker dikombinasikan dengan vokal manis dari Cokiyu, cukup sukses menghipnotis saya buat menikmati lagunya sampai habis. Ens.

Balik lagi sama lagu bernuansa ceria. Kali ini ada dua buah lagu yang judulnya mirip, yaitu City Riding: Morning Tea dan City Riding: Morning Coffee. Liat dari judulnya sih, saya bisa nebak kalau di dua lagu ini Bottlesmoker pengen bikin semacam soundtrack yang bisa dipakai buat momotoran unyu di pagi hari. Dan setelah saya coba emang bener, sih, cocok pisan siah. Cobain sendiri geura.

Frozen Scratch Cerulean adalah lagu yang bikin saya jatuh cinta sama Bottlesmoker. Single ini punya nuansa ambient yang bikin emosi kita naik-turun, seenggaknya saya ngerasa gitu, sih. Dibuka dengan pad synth yang bikin adem ditambah suara kicauan burung dan juga suara wind chimes, dijamin bikin pikiran kita langsung melayang.

Blue Streak Agent dipilih sebagai penutup dari Disc 1 album Hypnagogic ini. Yang saya rasain pas denger lagu ini, sih, berasa lagi nonton film-film detektif gitu. Suasananya agak misterius-misterius gimana gitu, terus tegangnya juga dapet. Pas deh dipilih sebagai penutup. Selain lagu-lagu yang saya bahas barusan, ada juga lagu lain, seperti Dusk Eyes, Boredom and Freedom, Divine Abode dan Jacob Jung. Semuanya enak-enak, kok, nggak boleh dilewatin satu pun.

Udah dulu yaa, bahas disc 1 dulu aja ah, udah ada yang ngajak kencan, nih. Disc 2-nya lanjut minggu depan yaah boskuh. Bhaay!

Bersambung..

One Comment

Comments are closed.