Press "Enter" to skip to content

Album: Barasuara – Taifun

Setelah bersabar cukup lama, akhirnya Barasuara meluncurkan album perdananya secara digital di iTunes pada tanggal 16 Oktober dan dalam bentuk CD pada 22 Oktober kemarin, bertajuk Taifun. Album yang sangat dinanti oleh para penikmat musik alternative rock yang telah lama terbius aksi panggung mereka itu berisi sembilan lagu dengan aransemen khas Barasuara. Diksi nggak umum, debuhan drum bersemangat, backing vokal yang membius, dan setruman gitar elektrik yang membangun. Aku jadi semangat, nih, nyusun tulisannya.

Dibuka dengan lagu Nyala Suara yang menggebu, membuat pendengar makin panas terbakar semangat tabuhan drum Marco menghentak tubuh buat bergerak mengikuti irama, tapi lupa euy da lagi dengerin di tengah keramaian, nanti dikira orang gila. Sendu Melagu di trek kedua mendinginkan badan sejenak dengan aransemen yang lebih mild dan kalem. Bikin badan pengen goyang pelan ke kiri—kanan.

Bahas Bahasa yang menjadi single pertama Barasuara diletakkan di nomor tiga. Lagu ini kembali memompa semangat dengan banyak suara dari berbagai instrument musik seolah mencari kebenaran seperti dalam penggalan lirik “Makna, makna dalam aksara. Makna mana yang kita bela?” dan menantang seperti,”Oh, itu kau tak lihat kau ragu, peluh dan peluru hujam memburu. Bahasamu bahas bahasanya. Lihat kau bicara dengan siapa!”

Hagia kembali mendinginkan diri di trek keempat, sebelum Api & Lentera, lagu andalan Barasuara kembali menaikan adrenalin untuk berteriak, “Lepaskan rantai yang membelenggu! Nyalakan api dan lenteramu!”

Menunggai Badai dan Tarintih datang berikutnya menyemprotkan penyegaran jiwa yang terlah diburu semangat pada lagu-lagu sebelumnya dengan bass dari Gerald yang ikut membius. Lanjut di lagu berikutnya, petikan gitar dari Tije dan Iga mendominasi lagu Mengunci Ingatan, dan Taifun yang menjadi lagu penutup di album ini. Lengkap sudah perjalan kita di badai yang diciptakan Barasuara. Taifun telah menjadi salah satu wahana luar biasa dalam ranah musik lokal tahun ini.

Mendengarkan album ini seolah benar-benar menyaksikan keenam personel Barasuara secara langsung di depan mata. Luar biasanya lagi, pengaturan lagu dalam album Taifun ini mantap banget, di mana kita dibawa naik turun bak tersedot oleh angin taifun bersama emosi runutan lagu. Selain itu kesembilan lagu tersebut beneran concert material banget, soalnya nggak ada lagu Barasuara yang nggak bisa sing along bareng Iga, Puti, dan Icil.

 

Tracklist:

1. Nyala Suara

2. Sendu Melagu

3. Bahas Bahasa

4. Hagia

5. Api & Lentera

6. Menunggang Badai

7. Tarintih

8. Mengunci Ingatan

9. Taifun

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *