Press "Enter" to skip to content

Album: ATSEA – Bleak Tropics EP

ATSEA merupakan sebuah proyek surf-pop instrumental dari seorang Omar Prazhari yang berawal dari proyek solo. Setelah itu, pada perjalanannya, Omar mengajak teman-teman di kampusnya untuk ikut berkontribusi dalam proyek musik ini. Dan pada akhirnya, ATSEA beranggotakan Omar dan empat aa’aa’ tampan lainnya.

Album bertitel Bleak Tropics EP ini kurang lebih menggambarkan tentang sekelumit perasaan Omar, yang sejak kecil selalu berpindah-pindah kota, bahkan benua, akibat tuntutan pekerjaan sang ayah. Seringnya melakukan perjalanan melalui lautan, menjadikan Omar akrab dengan pemandangan dan suasana di laut biru. Hal itulah yang menjadi latar belakang kenapa proyek musik ini dinamakan ATSEA.

Selain namanya, lagu-lagu yang ada di Bleak Tropics EP ini memang bernuansa lautan atau pantai, gitu. Kenapa saya bisa bilang gitu? Soalnya pada beberapa lagu dimasukkan sampling suara deburan ombak, desiran angin, kicauan burung dan percik air. Adem.

Terdiri dari 10 tracks yang easy listening, Omar cs. sukses bikin saya buat muter semua track-nya berkali-kali. EP ini dibuka dengan Intro yang ambience-nya bikin badan kita rileks dan ngebawa pikiran kita buat menerawang. Yang dilanjut oleh Gloom, track bernuansa agak murung ini mengajak kita buat beradaptasi lebih jauh sama musik yang dibawakan sama ATSEA. Kalau track favorit saya, sih, High Tides yang merupakan single perdana dan berhasil bikin saya jatuh cinta sama ATSEA, dan Nocturnal yang menurut saya enak buat dipake joget-joget kecil sambil nemenin perjalanan selama naik motor. Kade, oleng.

Hal unik dalam EP ini adalah setiap selang satu lagu, disisipi oleh interludeinterlude yang seolah-olah menjadi pembuka dari setiap “chapter” berbeda. Total terdapat tiga track yang dibubuhi kata “interlude”, yaitu Interlude: Blue Trip to the Waters, Interlude: Blue Scenery, dan Interlude: Lighthouse Lullaby. Dan pada setiap interlude-nya, kuintet ini memasukan sampling-sampling suara yang saya sebutkan di awal dan ditambahkan oleh nada-nada manis yang berasal dari suara piano dan string section. Kesyahduan yang hakiki pokoknya mah.

Selain lagu-lagunya, artwork Bleak Tropics EP ini nggak boleh dilewatin dari perhatian kalian. Soalnya, si artwork-nya teh, cociks pisan, dan saya akui artwork yang dibuat sama Nadya Isabella tersebut semakin meyakinkan saya kalau EP perdana ATSEA ini layak banget buat dikoleksi.

Nah, saya kasih bocoran sedikit, kalau kalian beli, selain dapet CD yang isinya tracktrack enjoy, kalian juga bakalan ngedapetin sticker dan sebuah mini-poster. Ens, kan? Kalau kalian beli download coupon-nya juga, kalian bakalan dapet 3 track tambahan di luar lagu-lagu di EP rilisan Kolibri Rekords ini. Ah, ATSEA emang dabest. Kalau yang suka musik macam Real Estate direkomendasikan banget buat beli Bleak Tropics EP, sebelum kehabisan dan nyesel di kemudian hari. Selamat jajan rock~

Tracklist:

  1.  Intro
  2.  Gloom
  3.  Interlude: A Trip to the Waters
  4.  Never That
  5.  Interlude: Blue Scenery
  6.  Sober
  7.  Interlude: Lighthouse Lullaby
  8.  High Tides
  9.  Interlude: Nighttime Nina
  10.  Nocturnal

Bonus Track:

  1.  Interlude III
  2.  Intervention
  3.  High Tides (Mitsugi Couch Remix)

______________________________________________

Twitter : @atsea_ | @KolibriRekords

Soundcloud : soundcloud.com/atseasounds

Bandcamp : kolibrirekords.bandcamp.com

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *