Press "Enter" to skip to content

Album: Alvin & I – Bersuara EP

Indeks Prestasi Keren (IPK): 7/10

Akhirnya pisan ini mah, salah satu band favorit saya Alvin & I udah bisa disimak dengan baik sambil sidakep. Yang biasanya harus nungguin mereka manggung kalau mau dengerinnya, sekarang alhamdulillah udah bisa di denger di kamar, atau di dapur, atau di teras, atau di… udah ah, loba teuing ataunya. Waktu RSD 2016 kemarin, saya mampir ke toko kesukaan para pencinta musik se-antero dunia, Omuniuum. Ya, album EP bertajuk Bersuara ini resmi dirilis Alvin & I dibantu oleh Microgram Entertainment di Record Store Day 2016. Untung belum ludes, jadi langsung saya sikat dengan kontan. Tadinya mau dinego, cuma masih takut disikut euy.

Langsung saya bahas aja, ya, mini albumnya. Dengan cover album semacam lukisan ala-ala crayon di atas canvas gitu, karyanya Aldian Primananda yang lumayan menarik. Di dalemnya cuma ada sekertas yang berisi foto lengkap  personil Alvin and I ditambah lirik lagu-lagu yang aduhay. Mini album ini berisi 5 trek, di antaranya ada lagu pertama mereka berjudul Bersuara, yang sebelumnya udah pernah mereka sebarluaskan di akun Soundcloud. Musik ala folk kalem yang sederhana dipadu sama vokal dan gitar yunis yang dibagi rata sama suara duanya. Terus ke sananya teh ditambah semua instrumen yang muncul satu per-satu. Uh, syahdu~ Buat yang belum sempet beli mini album ini, sok dengerin dulu geura lagu yang ini. Biar tambah penasaran. Cepet dengerin ih ai kamu. Maksa.

Trek ke-2, ada So Tired. Ini satu-satunya lagu di Bersuara EP yang liriknya bahasa Inggris. Awalnya agak modern gitu, ada gitar ke delay-delayan. Lagu dengan nuansa lumayan ceria,  cocok setelah lagu Bersuara yang agak melow-melow nggak melendoy. Nah, trek ke-3 adalah trek favorit saya di mini album ini. Soalnya di awal lagunya ada permainan karinding yang sungguh di-sungguh-kan. Judulnya Kalut. Coba bayangin, karinding disatuin sama gitar yang dipetik apik, dicampur suara flute pentatonis. Terus vokal Alvin dan Regina yang kebilang lembut. Ah, ni’matun pokoknya, nyesel kalau selama hidup kamu nggak pernah denger yang ini mah.

Selanjutnya trek ke-4. Lagu ini cukup jadi andalan kalau Alvin & I manggung, Hilang. Lagu melow ala-ala yang dikemas bergairah ekspresif secara apik dan menarik. Edan yah bahasanya? Kalau ditilik-tilik mah kayaknya lagu cicintaan. Biarin, saya mah suka. Lagu yang ini hampir seluruhnya diisi sama pembagian suara satu dan suara dua. Ditambah sedikit colekan pianika yang sederhana, dan klimaksalisasi di akhir lagunya. Emang bener ‘klimaksalisasi’? Lagi males buka kbbi.web.id, nih.

Lagu penutup berjudul Tenang Jiwa. Lagu yang sangat cocok jadi penutup mini album ini. Dahsyat pokoknya! Banyak instrumen yang melengkapi di sini. Salah satunya suara angklung yang mendominasi jalannya permainan. Jiga mengbal. Suara vokal yang dibikin layaknya musik cannon bikin bener-bener bernuansa ending. Jadi vokalnya teh di-backing sound sama vokal lagi. Ngerti nggak? Saya juga lumayan nggak ngerti. Tapi nggak apa-apa lah. Biar kalian penasaran, terus beli mini albumnya.

Sekian. Inget, beli albumnya yang asli, jangan nge-convert wae dari Youtube.

Tracklist:

1. Bersuara

2. So Tired

3. Kalut

4. Hilang

5. Tenang Jiwa

Comments are closed.