Press "Enter" to skip to content

Album: AGGI + Saturday Night Karaoke – Gawking Geek Music

Indeks Prestasi Keren (IPK): 7/10

Ada pepatah yang bilang kalau “hidup adalah udunan”, ternyata benar adanya. Hal itu bisa diaplikasikan ke berbagai hal. Mulai dari udunan beli makanan atau minuman, beli contekan UN, bikin acara kolektifan, sampai udunan buat ngerilis album. Nah, album yang saya mau review kali ini kebetulan mengaplikasikan pepatah tadi.

Mereka adalah AGGI dan Saturday Night Karaoke (SNK). Dua band dengan karakter yang berbeda. SNK, trio muda-mudi Jatinangor yang nggak lagi muda, membawakan musik dengan riffriff gitar yang catchy, moshingable. Ah, pokoknya pop-punk banget. Sedangkan AGGI punya karakter musik yang easy listening dan cukup unik. Mengutip tulisan Rizkan Records, “AGGI is a pop band that is way too punky for a pop standard”. Artinya, aku cinta vokalis AGGI. Teu ketang.

Sedikit flashback, perkenalan pertama saya dengan SNK itu adalah sekitar 2 tahun yang lalu. Waktu itu saya baru beberapa bulan masuk ROI! dan kebetulan sempat jadi operator waktu si ROI! Radio masih jalan. Eh, nggak sengaja pas nyusun playlist gitu denger adlib dari salah satu band yang lagunya tuh pendek, tapi catchy. Begitu tetanya, ternyata bandnya itu, yaa, si SNK ini. Duh, jadi kangen siaran. Hiks.

Kalau sama AGGI, jujur saya cuma sebatas tau kalau ini merupakan side-project dari Mamet Barefood, dan cuma denger sekilas. Yang pasti, saya inget kalau suara vokalisnya itu gemay. Bermodal kesan pertama yang cukup nempel itu lah, saya tertarik buat beli rilisan split ini. Album split berjudul Gawking Geek Music ini berisikan 6 buah track. Masing-masing band menyumbang 3 buah lagu yang terdiri dari 2 lagu baru, dan 1 lagu cover.

Pernah nggak, sih, kalian datang ke suatu tempat, terus nggak sengaja ngeliat seseorang yang menarik perhatian? Tapi, pada akhirnya kalian cuma bisa saling lirik-lirikan tanpa saling nyapa. Entah karena malu atau alasan lainnya. Cerita itulah yang diangkat oleh AGGI lewat Mamet dan Rega di lagunya yang berjudul Punk Boy Meets Punk Girl, So What. Pasti kalau kalian baca liriknya, langsung bilang, “anjir, ini aing pisan lah”.

Sedangkan di lagu Heather, Rega bernyanyi dengan hanya iringan dari gitar dan bass tanpa suara drum. Sebenernya nggak kayak nyanyi, sih, lebih kayak cerita gitu. Belum lagi bagian reff-nya, “I think I really like you. Miss everything you do that makes me like you”. Dijamin selalu terngiang-ngiang. Kayak kenangan sama mantan.

Dan terakhir, AGGI membawakan lagu SNK, yaitu Indie Rock 101. Lagu pengundang moshing punyanya SNK, diaransemen ulang jadi lebih unyu nan menggemaskan. Ketukan drum bertempo cepat, permainan gitar yang nge-pop tapi tetap punk, bassline yang asoy, suara tamborin, dan vokal Rega, bikin lagu ini mustahil nggak kalian puter berulang-ulang. Percayalah.

Kalau SNK sendiri, menyumbang lagu Atomic Leg Drop, T.S.B, dan Spill My Blood (AGGI cover). Begitu nge-play Atomic Leg Drop, hawa-hawa moshing udah langsung kerasa. Paling enak didenger kalau pas lagi rusuh pagi-pagi, bikin semangat. Apalagi kalau pas dibawain live, pasti pecah banget itu mah. Di lagu T.S.B, om Prabu curhat tentang tempat kerjanya dulu, iya te-es-be, yang katanya salah satu indoor theme park terbesar di dunia itu, lho. Entahlah. Beberapa waktu kerja di sana udah cukup buat om Prabu menyimpulkan kalau di TSB itu, “delivering happiness is just a myth”.

Terakhir, Spill My Blood (AGGI cover). Kalau sebelumnya AGGI bikin lagu yang moshing-able jadi menggemaskan, kali ini kebalikannya, giliran SNK bikin lagu AGGI jadi lebih ngebut. Yap! Kedua band ini melakukan tugas cover-nya dengan sangat baik. Nggak gagal sama sekali, sebuah penutup album yang cociks. Ntapness.

Akhir kata, Gawking Geek Music ini adalah sebuah rilisan yang patut banget kalian koleksi. Kolaborasi antara 2 band yang terbilang underrated, tapi sama sekali nggak boleh underestimate musik mereka. Band-band kayak gini tuh, layak banget buat dapat perhatian lebih. Karena menurut saya, mereka bisa meruntuhkan stereotype kalau band pop itu lagunya alay kayak yang di tipi-tipi, dan juga kalau band pop-punk itu mesti pake synth biar gaul.

Nggak percaya? Langsung aja calling-calling sama AGGI atau SNK lewat socmed mereka buat beli rilisannya. Nggak akan nyesel. Dijamin sok.

Tracklist:

1. Punk Boy Meets Punk Girl, So What

2. Atomic Leg Drop

3. Heather

4. T.S.B

5. Indie Rock 101 (Saturday Night Karaoke cover)

6. Spill My Blood (AGGI cover)

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *