Press "Enter" to skip to content

Album: 7 Kurcaci – Stick Together

Stick Together, menjadi sebuah tajuk anyar yang baru saja dilepaskan oleh kuartet raprock asal Bandung, 7 Kurcaci. Rilisan dalam format album penuh ini menjadi indikasi kembalinya mereka untuk meramaikan gempita industri musik tanah air (lagi). Terakhir kali mereka muncul dengan merilis single Berakhir Dengan Senyuman, Maret 2013 lalu. Lama juga. Album Stick Together ini dirilis secara independen, anyway. Ah seneng, artinya 7 Kurcaci bisa lebih leluasa mengeksplor musikalitasnya.

Dihuni sembilan trek dan dua bonus trek, album ke-3 mereka ini dikemas dengan konsep musik yang terdengar berbeda jika dibandingkan dengan materi lagu di dua album mereka terdahulu. Namun meski begitu, Munkee (vokal), Kuple (bass, vokal), Rifki13 (drum), Edwood (gitar), dan Slide (DJ) tetap nggak meninggalkan akar raprock yang sudah menjadi identitas mereka sejak terbentuk belasan tahun lalu.

Album ini dibuka dengan lagu berjudul Diam, lalu diteruskan dengan H.T.I. 7 Kurcaci pun memberikan sebuah sajian mellow di track ke-3 yang berjudul Berakhir Dengan Senyuman. Hantaran musik pantai dengan picking gitar irit terdengar mengiring di awal lagu. Menuju chorus dan akhir, nuansa sedikit santai namun tetap enerjik menghiasi lagu yang satu ini.  Setelah itu, mereka kembali merentet dengan lagu Maafkan.

Hidup, menjadi nomor ke-5 di album Stick Together ini. Nuansa raprock yang dibalut dengan ketukan drum yang terdengar progresif, sehingga menggiring kepala kamu-kamu untuk terus bergerak mengikuti irama. Setelahnya giliran Hasrat, dan lagi-lagi 7 Kurcaci menurunkan tempo mereka di lagu ini. Nuansa balada dengan paduan pattern vokal ngerap menjadi komposisi ciamik.  Namun, tempo kembali naik seiring Mentari datang merentet. Alunan rap metela terdengar begitu dominan, sang vokalis beberapa kali menyerukan teriakannya di lagu ini. Sekilas saya teringat Rage Against the Machine, jika mendengar nomor ini.

Tetap Tersenyum dan Stick Together pun menjadi dua nomor terakhir dalam album ini. Di lagu Tetap Tersenyum lagi-lagi alunan balada sendu menjadi konsep dominan. Namun, kondisi kembali berubah di lagu Stick Together yang menjadi ayat penutup. Alunan irama penuh enerjik hipmetal benar-benar membahana dalam nomor satu ini, serta iringan distorsi yang begitu kencang terasa.

Secara keseluruhan, 7 Kurcaci seperti sedang  bergerak menuju sebuah era baru dalam perjalanan musik mereka. Lewat Stick Together, mereka juga seakan menegaskan, kalau 7 Kurcaci adalah salah satu “gegedug” raprock tanah air yang harus diperhitungkan.  Makanya, sayang kalau album ini nggak masuk di playlist awal tahun kalian! BELI!

 

Tracklist:

1. Diam

2. H.T.I

3. Berakhir Dengan Senyuman

4. Maafkan

5. Hidup

6. Hasrat

7. Mentari

8. Tetap Tersenyum Dan Tertawa

9. Stick Together

10. Bebas (bonus track)

11. S.O.D (Available on iTunes only)

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *