Press "Enter" to skip to content

Ajang Networkingnya Desainer Bandung di “Behance Portofolio Reviews Week #7”

Hari Sabtu (16/5) kemaren, salah satu acara keren untuk para desainer dilaksanakan di Kota Bandung. Mungkin ada yang sempet liat betapa ramainya Gedung Indonesia Menggugat? Nah di tempat itulah Behance Portofolio Reviews Week #7 diadain. Hayo, siapa diantara kalian yang dateng?

Acara ini dimulai dari jam 10 pagi, acaranya tepat waktu loh. Jam segitu para desainer muda dari berbagai kampus dan lainnya udah kumpul untuk melakukan registrasi ulang, nggak lupa juga dengan para talent yang akan presentasi di hari itu. Sebelum masuk ke sesi presentasi, ada Creative Talkshow bersama Eric Widjaja (Thingking Room, Jakarta) & Michael Alexander dan Sandy Pirouzi (Sanrok Studio, Bandung), menggugah inspirasi banget deh hasil dari talkshow yang berlangsung selama 2 jam itu.

Suasana Creative Talkshow dengan Thinking Room dan Sanrok Studio
Suasana Creative Talkshow dengan Thingking Room dan Sanrok Studio.

Setelah sesi talkshow, ada pengenalan beberapa komunitas yang hadir di acara itu. Pertama, pengenalan dari Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Nasional oleh Zinnia Nizar Sompie dan ADGI Bandung Chapter oleh Andi Rahmat, asosiasi ini bergerak untuk melindungi keprofesian desainer. Kedua, pengenalan dari Bandung Design Friendly (BDF) yang sekaligus juga menginisiasi acara BPR#7. Selanjutnya adalah Hayok! Freeroom yang memiliki base di daerah Bandung Selatan dan Aceking Squad di daerah Bandung Utara. Jadi, buat kalian para warga kreatif ini yang memiliki minat di dunia desain, bisa tuh dicari info tentang komunitas tersebut. Biar makin oke!

“Ini nih, baru yang namanya networking, kita ber-feedback antara yang sudah berpengalaman lama dan yang masih muda. Apresiasi dari setiap kampus DKV di Bandung juga kuat banget. Saya sempet nanya, emang acara ini yang ditunggu oleh desainer-desainer lokal terutama yang lagi banyak belajar. Senang bisa mewadahi para kreator muda dengan adanya gerakan BDF,” ujar ketua BDF dan juga ketua pelaksana Behance Portofolio Reviews Week #7, Aulia Akbar tentang acara ini.

Salah satu talent yang sedang presentasi karyanya.
Presentasi karya oleh Andiani dengan judul ‘Renewal’.

Nah, akhirnya masuk nih ke acara inti dari BPR#7 ini, yaitu portofolio reviews. Berbeda dengan BPR#6, sebelumnya para talent yang berjumlah 32 orang ini dikelompokkan dalam 6 kelompok, kemudian mereka melakukan talent group discussion untuk mengenal talent lebih intim lagi. Setelah itu, semua kelompok mempresentasikan karya mereka masing-masing, yang sebelumnya memang sudah di unggah di Behance.

Dari semua karya yang telah dipresentasikan, dilakukan penilaian oleh juri maupun audience. Jurinya sendiri ya Mbak Zinnia Nizar dari ADGI Nasional, yakin lah ini mah! Nah, mau tau nggak nih, siapa aja desainer yang mendapatkan penilaian terbaik dari juri maupun voting terbanyak dari audience? Karya terbaik penilaian juri adalah Kresna Dwitomo dengan judul karya ‘Takota’ dan Novita Fahmi dengan judul karya ‘Treassure Numeric’. Nah, karya terfavorit pilihan audience sendiri adalah karya punya Raisa Ramdani dan Marla Putri. Para pemilik karya terbaik ini mendapatkan Behance Appreciation Medal, Adobe Creative Cloud Voucher, dan Behance Book Super Modified. Aku sih nggak ngerti itu apaan, tapi sepertinya hadiah-hadiah itu keren pisan!

Karya Terbaik Behance Portofolio Reviews Week #7, Takota.
Karya Terbaik Behance Portofolio Reviews Week #7, Takota.

“Takjub, kaget, dan bahagia! Nggak nyangka banget, niatan submit cuma ingin partisipasi, ternyata Alhamdulillah sangat diapresiasi oleh audience. Terimakasih buat yang udah turut apresiasi karya saya. Semoga kedepannya acara ini bisa makin rutin diadakan dengan crowd yang makin ramai, talent yang hips dan orang-orang yang exicited dengan desain,” ungkap Raisa Ramdani tentang kesannya terpilih menjadi salah satu talent yang mendapat apresiasi terbanyak di Behance Portofolio Reviews Week #7.

Wajah-wajah para desainer muda Indonesia, ada yang berminat?
Wajah-wajah para desainer muda Indonesia, ada yang berminat?

Eh, iya, fakta tentang acara ini adalah tiket yang mereka bagikan secara gratis melalui registrasi via online ini sold out loh dan emang beneran yang hadir pas hari H itu hampir 200 orang lebih. Seriusan aku mah, aku sempet liat list-nya di buku tamu. Untuk kalian yang belum sempet presentasi karya di BPR#7, tenang aja, katanya akhir tahun ini mereka bakal ngadain lagi BPR#8. Jadi, merupakan suatu keharusan banget buat kalian untuk terus berkarya dan yang pastinya nggak lupa untuk berkolaborasi menuju Bandung Juara! Sampai jumpa di Behance Portofolio Reviews Week #8!

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *