Press "Enter" to skip to content

“5’s & 7’s”, Formula Tepat Mad Madmen menuju Album

Entah sudah menemukan berapa banyak rilisan selama kurun waktu empat bulan sejak dimulainya masa kritis ini. Selalu saja ada nada-nada segar yang muncul ke permukaan. Salah satunya adalah 5’s & 7’s, peluru teranyar dari indie pop Jakarta bernama Mad Madmen.

Rilisan gres dari Kalam Mahardhika (gitar, vokal), Marvin Muhammad (bas, vokal) dan Thareq Satria Lubuk (drum) yang telah mendekam sejak 4 tahun lalu ini resmi dirilis pada tanggal 24 April 2020. Ya, awalnya karya ini merupakan materi proyek solo milik Kalam. Inspirasi judul diambil dari salah satu lagu milik Queens of the Stone Age berjudul 3’s & 7’s.

“Lagu 5’s & 7’s adalah upaya co-writing antara saya dan Marvin yang prosesnya sangat berbeda dengan Mad Mad Woman. Kalau di Mad Mad Woman, saya dan Marvin duduk bersama untuk merumuskan beberapa elemen lagu. Namun tidak dengan lagu 5’s & 7’s. Marvin datang membawa ide-ide dia yang sudah matang, begitupun dengan saya. Lalu elemen-elemen pendukungnya kami rumuskan sambil mengerjakan lagunya di studio,” tutur Kalam.

5’s & 7’s adalah kebaruan dari Mad Madmen selepas mini album Ego Friendly (2019) yang memuat nomor berjudul Mad Mad Woman. Bagi mereka, karya ini sangat mewakili khas Mad Madmen sebagai sebuah grup musik. “Perubahan dinamika, rasa, ketukan, dan sebagainya sepertinya sudah jadi syarat mutlak untuk tiap lagu Mad Madmen, dan tiap-tiap elemen tersebut ada di dalam lagu ini,” jelas Thareq

Turut menghadirkan kawan-kawan musisi untuk mengisi instrumen, antara lain Agustinus Panji Mardika (terompet), Refo Ramadhan (alto saxophone), dan Gracia Andrea (vokal latar). Sementara pada ranah lirik, Kalam menuangkan “pseudo-realita dari pembuatan lagu ini sendiri.”

Proses rekaman dikerjakan di ALS Studio, dengan pengerjaan mixing oleh Haruchika Setiadi dari Great Wave Studios, serta mastering yang dikerjakan Steve Corrao dari Sage Audio. 5’s & 7’s akan hadir dalam album teranyar mereka yang direncanakan meluncur pertengahan tahun ini. Bahaya.


Twitter: @mad__madmen

Instagram: instagram.com/mad_madmen