Press "Enter" to skip to content

5 Film Inspiratif tentang Kesetaraan

Aku bingung buat ngerti arti kata “setara”. Da loba konteksnya, bahkan suplai gizi juga harus setara. Eh, itu mah seimbang ketang. Karena tema editorial bulan ini adalah kesetaraan, dan aku juga bingung jelasin maksudnya apa. Berhubung UAS juga udah mau berakhir, aku mau kasih rekomendasi kalian film buat ditonton pas liburan nanti berkaitan dengan kesetaraan. Sok diperhatikan biar ngerti. Aku udah tapi sedikit.

1. 12 Years A Slave

Kasus: Kesetaraan hak yang hilang

Film fenomenal di tahun 2013 lalu. source: picturehouseblog.co.uk
Film fenomenal di tahun 2013 lalu (sumber: picturehouseblog.co.uk)

Ini film wajib banget ditonton! Selain menyentuh hati, film yang menang banyak piala Oscar ini menceritakan tentang seorang kulit hitam yang mempunyai hak khusus, tiba-tiba dikelabuhi dan haknya dihilangkan sehingga ia dijadikan budak oleh orang-orang kulit putih. Lalu ia berjuang untuk mencari keluarganya dan juga menuntut pembebasan dan penghapusan perbudakan. Siapin banyak tisu, bisi cirambay. Mau nonton? Cari di google aja 🙂

2. Hairspray

Kasus: Perbedaan berat badan

berdansa bareng hairspray. source: imbd.com
Berdansa bareng hairspray (sumber: imbd.com)

Kalau nggak mau yang sedih , kita nonton Hairspray aja. Film yang mengambil setting di tahun 60-an ini menceritakan tentang gadis remaja Amerika yang doyan banget nari, tapi dirinya diremehin karena badannya yang gendut. Akhirnya dia “latihan” sama geng dari kulit hitam. Nah, di sinilah peran si gadis remaja itu untuk menyetarakan bangsa kulit hitam di kancah dance show. Pastinya lucu dan inspiring.

3. Djanggo Unchained

Kasus: Perbudakkan

Edan, garang kieu. source: pop-cultured.net
Edan, garang kieu (sumber: pop-cultured.net)

Kalau Djanggo ini bercerita tentang budak yang dibeli dan kemudian dilatih untuk menjadi seorang pembunuh bayaran dengan imbalan mendapatkan keluarganya kembali. Dengan berlatar belakang kayak koboy gitu, Djanggo Unchained mencoba memecahkan mindset bahwa kulit hitam selalu menjadi budak yang nggak bisa mendapatkan kebebasannya.

4. Perempuan Berkalung Sorban

Kasus: Kesetaraan gender

"iya neng, aa paham. kesetaraan gender". source: muvila.com
“Iya neng, aa paham” (sumber: muvila.com)

Kali ini datang dari negeri sendiri, film yang menceritakan tentang keadilan dan kesetaraan gender ini cukup menarik buat ditonton. Apalagi bagi kalian perempuan yang merasa “terikat” dengan tradisi yang bilang kalau cewe cuman bisa kerja di dapur, kasur, sumur. Mana suaramu, perempuan?!

5. Bulan Terbelah di Langit Amerika

Kasus: Perbedaan budaya

Terwajib ditonton akhir tahun ini. source: muvila.com
Terwajib ditonton akhir tahun ini (sumber: muvila.com)

Nah, kalau yang satu ini kayaknya masih ada di bioskop. Film Indonesia ini menceritakan tentang rasisme bangsa Amerika yang menjadi islamophobia semenjak kejadian 9/11. Menjadi sangat kontroversial karena salah satu catchline-nya adalah “bagaimana dunia tanpa Islam?”. Wuidih. Bakal rame, nih.

Yok ah, daripada liburan nggak ngapa-ngapain, cuman ngabisin kuota, mending main ke toko dvd terus beli deh film-film rame di atas!

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *