Press "Enter" to skip to content

5 Film Horror buat Halloween Movie Marathon versi ROI

Bulan Oktober memang identik dengan perayaan Halloween. Banyak acara bertemakan Halloween digelar mulai dari pesta kostum sampai dengan movie marathon film horor. Nah, buat kamu-kamu yang kepikiran buat movie marathon film horor, ada baiknya cek dulu 5 film horor yang bikin kamu mentally-devastating versi ROI! Trick or Treat!

1. The 4th Kind (2009)

The Story: Abigail Tyler (Mila Jovovich) adalah seorang psikolog yang tengah menyelidiki banyaknya laporan penduduk setempat yang hilang atau lupa ingatan. Dengan metode hipnotis, Abbey mencoba melakukan terapi sambil membuat dokumentasi untuk mencari jawaban. Tetapi apa yang dialami pasiennya lama-lama juga terjadi pada dirinya. Abbey mulai berhalusinasi tentang seekor burung hantu yang selalu hinggap di jendela kamarnya tepat pada pukul 3.33 pagi.

The Horror: Apa yang menimpa penduduk setempat dan Abbey ternyata adalah sekelebat ingatan tentang pengalaman mereka berinteraksi dengan makhluk extraterrestrial yang menculik mereka untuk melakukan percobaan biologis. Film ini berangkat dari kisah nyata yang terjadi di Alaska sekitar tahun 1972. Yang membuat film ini begitu mengerikan adalah adanya footage asli dokumentasi Abigail Tyler yang tengah menyelediki kasus ini. Banyak sekali kejadian trance (kesurupan) di luar nalar yang terekam dalam footage aslinya. Percaya atau nggak, balik lagi pada pribadi kalian masing-masing (puter soundtrack X-Files).

2. 4BIA (2008)

The Story: Kayaknya semua setuju kalau Thailand emang jago bikin film horor. Film antologi horor ini adalah salah satu masterpiece yang pernah dibuat. Empat cerita pendek dari film ini dijamin bikin kita nggak sanggup ambil nafas deh! Cerita pertama berkisah tentang cewek yang lagi PDKT lewat sms, cerita kedua tentang karma para tukang bully di sekolah, nah kalau buat cerita ketiga ada kisah 4 orang kawan yang pergi arum jeram ke hutan. Cerita terakhir tentang pramugari yang kebagian ngurusin jenazah dalam penerbangan pulangnya.

The Horror: Ini film Thailand, dan ini film horor, nikmat mana lagi yang kau dustai? Haha seriusan deh, masing-masing cerita pendek di film ini bikin kalian nggak akan bisa tidur.  Kalau kamu akrab sama cerita horor di radio waktu kecil, kamu pasti nagih deh nonton film ini. Dijamin ngeriiiii~

3. Shaun of The Dead (2004)

The Story: Shaun (Simon Pegg) baru aja diputusin sama pacarnya dan keesokan harinya, saat dia bertekad untuk balikan lagi dengan Liz (Kate Ashfield), Shaun nggak sadar kalau dirinya sedang terjebak di tengah-tengah zombie-apocalypse.

The Horror: Movie marathon nggak akan lengkap rasanya kalau nggak nonton film zombie. Akan tetapi, Shaun of The Dead ini bakal kasih kamu perspektif lain film zombie. Di tengah-tengah krisis menyelamatkan diri dari kejaran zombie yang datang dari entah berantah ini, Shaun harus menyelesaikan berbagai masalah pribadinya. Jadi coba bayangin kamu ngajak balikan mantan sambil dikejar zombie, pelik lah pokoknya. Mentally exhausting and devastating! Terutama bagian ngajak balikan mantan LOL.

4. Noroi (2005)

The Story: Berkisah tentang Masafumi Kobayashi, seorang ahli paranormal yang memproduksi berbagai macam dokumenter tentang kejadian-kejadian supernatural di Jepang. Namun, ternyata di tengah-tengah produksi dokumenter yang bercerita tentang sebuah fenomena bernama Kagutaba ini, ia menghilang, dan hanya meninggalkan sebuah rekaman video. Kobayashi melakukan investigasi tentang keanehan-keanehan yang terjadi. Ia bertemu dengan seorang wanita yang terlihat gila, bernama Junko Ishii.

Ia menemukan banyak keanehan ketika bertemu Junko Ishii, yang berakhir dengan menghilangnya Junko Ishii serta kematian mendadak tetangga Junko yang memberikan info tentang Junko. Kobayashi lalu juga bertemu dengan seorang anak kecil yang memiliki kemampuan supranatural yang bernama Kana Yano. Kana lalu menghilang dan untuk menemukan Kana, ia mencari seorang dukun aneh yang bernama Mitsuo Hori. Hori pernah bertemu dengan Kana beberapa kali, dari Hori inilah Kobayashi mendengar cerita-cerita aneh tentang cacing ektoplasma, dan memberinya beberapa petunjuk yang muncul di luar kesadaran.

Kobayashi pun pada akhirnya menemukan apartemen yang sesuai dengan petunjuk yang digambarkan oleh Hori, namun ternyata orang yang dicari di dalam apartemen itu sudah menghilang, dengan banyak tubuh merpati mati di beranda apartmennya. Kobayashi lalu bertemu dengan artis bernama Marika Matsumoto yang mengalami gangguan makhluk gaib ketika ia sedang shooting di sebuah kuil. Ternyata, gangguan tersebut masih ada hubungannya dengan Kagutaba. Ternyata, semua kejadian yang dialami karakter-karakter film ini berujung pada sebuah desa di pedalaman Jepang yang sudah hilang karena pembangunan bendungan.

Di desa ini, dulunya selalu ada ritual pengusiran setan Kagutaba setiap tahunnya. Namun, pada pengusiran terakhir yang dilakukan sebelum pembangunan bendungan dilakukan, prosesnya gagal dan Kagutaba pun lepas dan mengganggu orang-orang yang terlibat atau terpaksa terlibat. Investigasi akhirnya melibatkan kunjungan Kobayashi ke ahli sejarah, terutama yang berkaitan dengan ritual pengusiran yang berada di desa tersebut. Berhasilkah Kobayashi mengatasi gangguan Kagutaba? Silahkan nonton sendiri filmnya !

The Horror: Pertama, film ini disajikan dalam format found footage, di mana anda disajikan potongan video seperti dalam investigasi berita yang dikemas dalam format first person. Ini akan memberikan efek psikologis di mana anda merasa ikut terlibat di dalamnya. Ditambah lagi dengan durasi film yang mencapai 2 jam, yang berarti anda harus bekonsentrasi terhadap film ini dalam waktu tersebut.

Pembawaan filmnya dapat membuat kamu terhanyut dan ikut berpikir, semacam membuat kamu terlibat di dalam film tersebut. Memang tidak banyak adegan yang mengagetkan seperti film horor Jepang pada umumnya, namun ini film ini akan buat kamu jadi lebih ‘awas’, karena kemunculan-kemunculan hantunya seringkali hanya sesaat dan sekilas, namun kamu tahu kalau hantu-hantu tersebut memantau kamu secara terus menerus, Ngeri!

5. Grotesque (2009)

The Story: Masih dengan sutradara yang sama, Koji Shiraishi. Yang disajikan dalam film ini adalah murni kesadisan. Saya sendiri tidak bisa banyak meresensi film ini karena ceritanya sangat sederhana. Sepasang kekasih sedang berjalan di pinggir jalan ketika seorang dokter tanpa nama mendatangi mereka, membius, lalu menculik mereka ke tempat persembunyian dokter itu. Mereka lalu disiksa perlahan-lahan dengan sadis dan bertahap.

Kurang lebih selama 90 menit, kita disajikan penyiksaan-penyiksaan tersebut. Jari yang dipotong, puting payudara yang dicabut dengan tang, alat vital yang dipotong hanyalah sebagian kecil kesadisan yang dilakukan oleh si dokter.

The Horror: Film ini dilarang beredar di Inggris karena kontennya yang sangat sadis. Memang benar. Sangat sadis. Berbeda dengan film-film sadis seperti Hostel dan Saw, film ini hanya menyajikan adegan-adegan sadis pernuh darah, dan sangat minim dialog. Sepertinya, sang sutradara ingin menunjukkan sampai batas mana tubuh manusia bisa bertahan jika disiksa. Detail-detail organ tubuh yang terburai, darah, kepala yang terpotong, tersaji dengan sangat baik dalam film ini.

Tidak disarankan untuk nonton film ini sebelum makan, serius! Di sisi lain, kami menyarankan film ini untuk kamu yang ingin berdiet dengan tidak makan malam. Tontonlah film ini, niscaya, semangkuk mie goreng enak di depan mata pun akan kamu lewatkan.


Udah ah segitu aja. Jadi, siap-siap buat Halloween movie marathon, ya. Yuk ah!

One Comment

Comments are closed.