Press "Enter" to skip to content

5 Film Asyik tentang Kesehatan Mental

Dalam menyambut Hari Kesehatan Jiwa, ROI! nggak mau ketinggalan untuk membahas film dengan tema kesehatan mental. Apa aja, sih, yang asik buat ditonton? Hmm, dari list ini, sebenarnya yang muncul adalah film-film yang bisa dibilang nggak politically correct, tapi dalam media budaya populer, film-film ini berpusat pada penyakit mental yang diderita oleh para tokoh utamanya. Yuk ah mari dicek. Waspada juga, spoiler alert.

 

1. The Wolf of Wall Street (2013)

Penyakit: Substance Use Disorder

wows3

Mungkin banyak yang bingung kenapa film ini diklasifikasikan dalam film tentang kesehatan mental. Ya, karena dalam film ini, tokoh utamanya, Jordan Belfort (yang diperankan dengan sangat luar biasa oleh Leonardo DiCaprio), adalah seorang pecandu kokain, alkohol, dan barang-barang lainnya. Kecanduan ternyata sudah diklasifikasikan sebagai penyakit mental oleh berbagai macam badan kesehatan di Amerika Serikat.

Dalam film ini, Jordan Belfort digambarkan sebagai seorang yang jago ngomong, punya rasa percaya diri tinggi, dan nggak memiliki rasa takut sama sekali. Perangai ini muncul setelah ia mulai menggunakan kokain ketika ia bekerja sebagai broker saham di Wallstreet. Ia selalu menggunakan kokain untuk mengangkat mood-nya, dan membuatnya lebih percaya diri. Dengan kokain, ia berhasil mencapai kesuksesan dengan membuat perusahaan saham bodong, yang penuh dengan penipuan.

Ia mengalami sukses yang luar biasa. Namun, karena ketertarikannya terhadap obat-obatan, pada titik terparahnya, ia menggunakan sebuah obat yang masih diuji coba, namun konon obat itu memiliki efek yang lebih dahsyat daripada obat-obatan lain yang pernah ia gunakan. Ia lalu mengalami overdosis parah, namun ia selamat. Istrinya akhirnya menggugat cerai karena nggak kuat lagi dengan kelakuan Jordan. Jordan pun sadar apa yang ia lakukan dengan obat-obatan selama ini salah, dan mencoba memperbaiki hidupnya dengan mencoba menghancurkan perusahaan yang pernah ia dirikan.

 

2. Forrest Gump (1994)

Penyakit: Mental Retardation

forrest-gump

Film ini berkisah tentang Forrest Gump, seseorang dengan keterbelakangan mental, namun memiliki kemampuan atletis yang hebat, yang dalam hidupnya melalui berbagai macam peristiwa penting yang mengubah dunia. Forrest yang sedang duduk di kursi, menceritakan pengalaman hidupnya kepada orang asing yang duduk di sebelahnya. Pengalaman hidupnya sangat menarik, ketika kecil ia di-bully, lalu diselamatkan oleh cinta pertama dan terakhirnya, Jenny.

Forrest juga sempat menikmati suksesnya sebagai pemain American Football di SMA, menjadi tentara di Perang Vietnam, mendapat medali kehormatan dari Presiden (Lyndon B.) Johnson, masuk ke dalam tim pingpong tentara Amerika Serikat, membeli kapal boat untuk menjadi kapal penangkap udang, menjual kapal itu dan berinvestasi di Apple (ya, Apple-nya Steve Jobs), bertemu presiden (Richard) Nixon, hingga menyingkap skandal Watergate. Kehidupan yang luar biasa banyak kebetulannya untuk Forrest! Film ini berakhir dengan kemunculan anak Forrest yang bernama Forrest Jr. (anak dari Jenny, yang berhubungan seks semalam dengannya), dan Forrest memutuskan untuk menjadi bapak yang baik untuk Forrest Jr.

 

3. Se7en (1995)

Penyakit: Antisocial Personality Disorder

gh

David Mills adalah seorang detektif baru yang ditempatkan di sebuah kota yang nggak disebutkan namanya di Amerika Serikat. Di sana, ia mendapatkan rekan baru, William R. Sommerset, yang sudah mau pensiun. Tugas pertama Mills bukanlah tugas biasa. Ia beserta rekannya, Sommerset terlibat dalam penyelidikan kasus pembunuhan berantai. Kasus pembunuhan yang dilakukan oleh John Doe ini memiliki pola yang mengikuti Seven Deadly Sins dalam agama kristen. 7 dosa mematikan ini adalah: Greed, Envy, Wrath, Sloth, Gluttony, Lust, Pride.

John Doe sendiri adalah tipikal pembunuh berantai yang biasa dikenal dengan psikopat, nama penyakitnya sendiri secara medis adalah antisocial personality disorder, di mana si penderita nggak bisa memberikan empati kepada orang lain, sehingga ia dapat membunuh orang lain dengan mudah demi kesenangannya sendiri. Petualangan Mills dan Sommerset makin kompleks ketika John Doe memutuskan untuk melibatkan mereka dalam rantai pembunuhan tersebut.

 

4. A Beautiful Mind (2001)

Penyakit: Schizophrenia

Ini dia si Nash nash nash, nashma soho yaho~

Diangkat dari kisah asli John Nash, seorang matematikawan yang sepertinya cukup dikenal oleh para mahasiswa ilmu sosial, karena ia adalah penemu game theory, sebuah teori tentang peluang yang biasanya diambil oleh para pembuat keputusan dalam merumuskan kebijakan mereka. Filmnya sendiri bercerita tentang perjalanan Nash dari karirnya yang menanjak, hingga kejatuhannya karena penyakit schizophrenia.

Di awal karirnya, Nash banyak melakukan penemuan-penemuan yang luar biasa, dan mendapat pengakuan dari dunia internasional. Namun, Nash yang arogan pada akhirnya harus menyerah pada kenyataan karena ia didiagnosis menderita schizophrenia, sebuah penyakit mental yang membuat penderitanya nggak bisa membedakan mana yang nyata dan mana yang nggak nyata. Namun, setelah bertahun-tahun menghadapi penyakit tersebut, ia berhasil “mengalahkannya” dan pada akhirnya menerima hadiah nobel.

 

5. Children of Darkness (1983)

Penyakit: Mental Ilness

hqdefault

Mungkin ini adalah film yang cocok untuk menutup daftar ini. Children of Darkness adalah film dokumenter yang bercerita tentang rumah sakit jiwa di berbagai daerah di Amerika Serikat. Film ini menggambarkan bagaimana beratnya kehidupan baik pasien maupun perawat rumah sakit jiwa di Amerika Serikat pada pertengahan tahun 1980an. Di dalam film ini dikisahkan wawancara dengan para orang tua anak penderita sakit jiwa, juga para perawat di rumah sakit jiwa tersebut.

Yang membuat film ini istimewa adalah, bagaimana para pegawai dan perawat di rumah sakit jiwa ini sendiri mengakui bahwa mustahil bagi mereka untuk menangani para pasiennya, namun mereka tetap berusaha sekuat tenaga. Jika melihat ekspresi ketidakmampuan mereka, kamu bakal menyadari bagaimana beratnya apa yang disebut sakit jiwa.

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *