Press "Enter" to skip to content

10 Film yang Punya Pesan Perdamaian Tersembunyi versi ROI! -Bagian 2-

Well, ini dia 5 film lainnya yang berdasarkan penerawangan ROI! punya pesan perdamaian. Cekidot!

6. The Secret Life of Walter Mitty (2013)

52cfbd3bb79d4

“To see the world, things dangerous to come to, to see behind the walls, draw closer, to find each other, and to feel. That is the purpose of life. “
— LIFE magazine motto

“Untuk melihat dunia yang berbahaya untuk dikunjungi, untuk melihat sampai ke balik tembok, untuk menjalin hubungan dengan satu sama lain, itulah tujuan hidup. SUPEEERRRR”

The Struggle : Walter Mitty (Ben Stiller) adalah seorang editor foto untuk LIFE magazine yang punya kebiasaan melamun akut. Selama ini keseruan hidup Walter hanya sebatas imajinasi dan lamunan saja. Semuanya berubah ketika Walter harus keluar dari comfort zone demi memperjuangkan foto yang hilang untuk dijadikan cover majalah LIFE edisi terakhir.

The Fun : Harga diri seseorang memang ditentukan dari apa yang dia lakukan. Walter yang sudah mendedikasikan seluruh hidupnya di LIFE magazine, nggak boleh lagi hanya bisa sekedar melamun ketika kredibilitasnya sebagai editor foto senior dipertaruhkan. Walter yang dulu hanya bisa melamun ketika dia tidak berani mengambil tindakan atau keputusan sekarang harus berjuang melawan keterbatasan dirinya sendiri. Film ini merupakan pencarian jati diri yang dikemas dengan cinematografi apik dan soundtrack film yang dijamin akan membuai kita dalam renungan diri.

Peace Message : Pernah denger ungkapan “musuh manusia yang paling besar adalah dirinya sendiri”? Nah, film ini mengajak buat kita ‘memerangi’ diri kita sendiri in order to push ourself beyond the boundaries. Once we make a peace upon ourself, percaya deh semua hal yang kelihatannya mustahil bisa kalian lakuin. Susah move on dari mantan? Coba buat selesaiin unfinished business sama diri sendiri dulu deh, dijamin hari kalian lebih indah dan move on akan sangat mudah muehuehue ~

7. The Terminal (2004)

“You have two stamps. One red, one green. So i have chance go New York, 50-50
— Viktor Navorski, The Terminal

“Kamu punya dua stempel, merah dan hijau. Jadi saya punya 50-50 kesempatan untuk pergi ke New York. Dekat~”

The Struggle: Viktor Navorski (Tom Hanks) mengunjungi New York di waktu yang nggak tepat. Negaranya Krakhozia, sedang mengalami konflik dalam negeri sehingga pasport Viktor ditolak di imigrasi bandara New York. Viktor yang kemudian ditahan di bandara sampai status negaranya kembali diakui dunia internasional harus bertahan hidup dan berjuang untuk menginjakan kaki di Kota New York.

The Fun: Coba, coba, bayangin kalau kamu itu nggak bisa bahasa Inggris terus terjebak di bandara New York tanpa uang dan makanan sedikitpun, apa yang bakal kamu lakuin? Demi menepati janji Viktor harus bertahan hidup dengan ‘mengakali’ sistem yang ada disebuah bandara. Dan siapa yang menyangka jika kegigihan Viktor ini bisa menginspirasi orang-orang yang bertemu dengannya.

Peace Message: Ngapain,sih, ngotot banget pergi ke New York padahal negara kamu sendiri sedang dalam konflik berkepanjangan? Viktor Navorski adalah man of promise. Di balik semua perjuangannya, hutang janji kepada almarhum ayahnya,lah, yang membuat Viktor gigih untuk mengunjungi New York. Jadi, pesan yang tersembunyi dari film ini bisa dibilang, to keep a promise is to keep a peace.

8. V for Vendetta (2005)

2006_v_for_vendetta_004 [1600x1200]

“Beneath this mask there is more than flesh. Beneath this mask there is an idea, Mr. Creedy, and ideas are bulletproof.”
— V, V for Vendetta

“Apa yang dibalik topeng ini lebih dari sekedar seonggok daging. Dibalik topeng ini bersemayam sebuah idea, Mr. Creedy, dan sebuah ide nggak akan hilang.”

The Struggle: Sosok misterius bernama V (Hugo Weaving) merencanakan plot kudeta pada pemerintahan yang korup dan fasis. Selain itu, V juga menuntut balas dendam terhadap kegagalan eksperimen yang menimpa dirinya.

The Fun: Kalau ada seni balas dendam, cerita V for Vendetta ini adalah salah satu masterpiece seni balas dendam yang pernah ada. V mengadopsi cerita Gunpowder plot dari Guy Fawkes yang terkenal di Inggris. V merencanakan semua ini secara terstruktur, sistematis dan masif… Tapi di luar rencana, V bertemu dengan Evey, jurnalis yang juga kritis terhadap pemerintah yang akhirnya membantu V untuk melakukan apa yang dia cita-citakan, meledakan gedung parlemen Inggris.

Peace Message: Well, balas dendam memang bukan cara yang baik untuk mencapai perdamaian. Intinya film ini bisa menginspirasi penontonnya untuk tetap kritis terhadap ketidakadilan. Tapi kalau kepaksa banget,nih, pengen balas dendam untuk menegakan panji-panji manusia milenium bernama keadilan, tolong direncakan dengan baik dan dieksekusi dengan cara yang elegan. Kenapa? Because revenge is a dish best served cold.

9. The Monuments Man (2014)

iqpWoGvZsej4

“You can wipe out an entire generation, you can burn their homes to the ground and somehow they’ll still find their way back. But if you destroy their history, you destroy their achievements and it’s as if they never existed. That’s what Hitler wants and that’s exactly what we are fighting for.”
— Frank Stokes, The Monuments Man

“Kau bisa hapus sebuah generasi, membakar hangus rumah mereka dan entah bagaimana mereka akan muncul kembali. Tapi jika kau hapus sejarah mereka, kau hancurkan pencapaian tertingginya, mereka nggak akan pernah ada. Itu yang Hitler inginkan dan apa yang kita perjuangkan. Hih!”

The Struggle: Frank Stokes (George Clooney) membentuk satuan tentara khusus untuk menyelamatkan karya-karya seni ditengah perang dunia ke-2. Hitler memang menghalalkan segala cara untuk menjadikan bangsa Arya ras yang paling unggul. Dari mulai mengembangkan alutista perang canggih sampai riset nyeleneh menyangkut hal-hal mistis pun dia lakukan. Nah, di film ini Frank harus berjuang menyelamatkan karya-karya seni dari kerusakan akibat perang dan penjarahan yang dilakukan Hitler.

The Fun: Tentu saja satuan tentara yang dibentuk Frank bukan tentara pada umumnya. Frank berhasil mengumpulkan akademisi, pemerhati seni dan kurator untuk misinya ini. Uniknya mereka ini semua sudah berumur atau tidak dalam kondisi siap berperang.

Peace Message: Peace is many things, dan jika pencapaian seni yang paling tinggi adalah produk sebuah kebudayaan yang maju maka ini bukan lagi hal yang remeh untuk disepelekan. Merdeka !

10. Her (2013)

140109_MOV_HerJoaquinPhoenix.jpg.CROP.promo-mediumlarge
“The past is just a story we tell ourselves.”
— Samantha, Her”

“Masa lalu adalah sebuah kisah yang kita ceritakan pada diri sendiri. Hiks.”

The Struggle: Theodore (Joaquin Phoenix) sedang berada diambang perceraian dengan istrinya saat dia bertemu Samantha, sebuah artificial intelegent berbentuk operating system pada sebuah produk smartphone terbaru. Theodore dan Samantha kemudian menemukan ketertarikan satu sama lain dan akhirnya jatuh cinta.

The Fun: Jatuh cinta dengan sebuah kecerdasan buatan komputer? Yaaa, kalau buat saya,sih, di tengah percepatan era informatika seperti sekarang apa,sih, yang nggak mungkin? Artificial intelegent yang disematkan pada sosok Samantha di film ini sangat realistis. Dan seperti stereotype cerita (human as) creator dan (technology) creation lainnya, Samantha menjadi lebih dari sekedar kecerdasan buatan, bahkan lebih dari manusia itu sendiri.

Peace Message: Saat kamu terikat dengan sesuatu secara emosional, bagian yang paling sulit dari hubungan tersebut adalah melepaskan sesuatu itu pergi. Pun begitu yang terjadi, Theodore terpaksa harus melepaskan Samantha pergi saat kecerdasan buatan miliknya itu berkembang lebih dari apa yang dia perkirakan. And sometimes, when things went out beyond your reach, a let go would bring you a peace. (mellow gilaaaa LOL)

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *