Tips Supaya Ngantuk

Apakah Insomnia itu sepele? Tentu aja nggak. Kata dokter insomnia itu berbahaya bagi kesehatan. Tapi ya, yang paling berbahaya itu, insomnia bisa menurunkan tingkat kreativitas produktivitas. Kata siapa? kata aku. bener, sok? kalau kamu kurang tidur, paginya malah ngantuk, terus tidur, terus lupa bangun, terus lupa mandi, terus lupa makan, terus lupa mikir. Bahaya itu!

Makanya, untuk menghindari hal-hal itu, ROI punya tips supaya kamu nggak insomnia. Ini tips, hasil riset kami kepada satu orang. Namanya Alfi Prakoso. Kasian dia, tiap hari insomnia. Langsung aja, nih, simak!

1. Buat api unggun, biar anget

BqKIpRbCYAA4OIZ

Salah satu penyebab susah tidur, bisa jadi karena kita kedinginan. Atau dengan kata lain, kondisi hangat biasanya membuat  kita nyaman untuk tidur. Gimana caranya biar anget? Bisa dengan mengkhayal kalau kalian sedang berada di pelukan cewek, dielus-elusin rambutnya. Atau, kalau kalian emang jomblo, yaudah pake cara instan. Bikin api unggun di kamar! Tapi awas, apinya jangan sampe ngebakar tubuh, nanti kulit kamu bisa sama kaya host #OMBEH alias Mister Jibeh. Teu!

2. Sikap lilin!

BqKI8sDCIAAD6AP

Susah tidur atau insomnia, bisa jadi disebabkan karena kamu banyak pikiran. Cobalah menenangkan diri dengan bersikap lilin. Selain membuat badan kamu rileks, sikap lilin pun dapat mendatangkan kekantukan. Semakin lama sikap lilin dilakukan, semakin cepat rasa kantuk dirasakan. Untuk mendramatisir suasana, cobalah bakar dupa atau lilin.

3. Itung beras

BqKJQ7ECYAAkOTI

Suka nonton kartun, kan? Nah, kalau di kartun-kartun, kalau susah tidur, biasanya ngitung domba. Kuno! Nih, cobain. Bawalah segayung beras di dapur kalian lalu simpan di atas ayakan. Setelah itu mulai,deh, itung beras satu per satu. Jangan lupa pisahkan beras yang sudah dihitung dan yang belum, supaya kamu nggak pusing. Tapi ingat, cuma orang sinting yang ngelakuin cara ini, jadi pikirkanlah.

4. Nonton TV

BqKJitXCQAA8Zzz

Ini cara yang gampang.  Mending nonton TV aja, dijamin kalian bakalan ngantuk dengan sendirinya. Tapi jangan nonton  sinetron atau acara YKS, karena itu bukan solusi.  Kalau perlu, TV-nya nggak usah dinyalain, terus tonton layarnya sampe bosen. Nanti juga ngantuk.

5. Minta bantuan ahli hipnotis

BqKKXzcCEAI83sN

Masih belum bisa juga pake cara di atas? Bingung,yah? Berarti kamu insomnia akut. Susah.. Eh, coba cara ini, deng. Kalau kamu punya teman yang ahli hipnotis ala-ala Rommy Rafael, boleh,lah, minta bantuannya. Minta dia untuk mensugestikan diri kamu agar cepat tidur sebelum jam 12 malam. Kalau kamu nggak punya temen yang ahli hipnotis, coba cari di iklan baris koran atau coba di forum “cendol gan”.

6. Dekor ulang kamarmu

BqKJwJsCYAAgp5B

Atau gini, deh. Coba jadikan insomnia sebagai momentum menyalurkan bakat. Gunakkan tangan gunakan kreativitas otak kamu untuk mendekor ulang kamar, seperti ngecat atau bikin graffiti. Anggap aja kamar kamu itu kota Brooklyn, New York. Bisa juga kamu pindah-pindah posisi kasur, kaca, meja komputer, ganti bohlam atau neon.

7. Baca buku

BqKKADeCIAAOdqG

Duh, masih nggak bisa bobo juga ? Nih, tips terakhir : baca buku! Coba kamu baca buku yang isinya Kode Pos atau Yellow Pages, pokoknya yang ada angka-angkanya. Lumayan, selain ngantuk, kamu juga bakalan serba tahu. Nggak akan bingung, kalau ada yang nanya jalan.

Kalau tips di atas nggak berguna, coba sobek selembar atau dua lembar kertas buku yang kamu baca, kremes-kremes, terus dibakar, campur dengan air hangat, lalu minum deh, alhasil kamu bakal tertidur!

Foto : Rinan | Model : Alfi

Ruang Alternatif Kamu