Tips Naik Angkutan Kota

Ahaaaaaaayyy! Ketemu lagi di #OOTD, nih. Semakin banyaknya kejahatan yang terjadi di angkutan umum, sekarang orang-orang jadi lebih memilih pakai kendaraan pribadi, ditambah sekarang juga dealer-dealer motor atau mobil yang menawarkan uang muka, uang ditaro di muka (sorry), atau bahasa kerennya mah DP (Down Payment) yang murah dengan cicilan bunga 0% itu yang membuat angkutan umum ditinggalkan.

Meskipun begitu, angkutan umum tetap menjadi primadona ibu-ibu yang takut naik motor dan muda-mudi yang nggak mau kepanasan di jalanan. Setelah melakukan riset yang edan-edanan dan banyaknya request yang masuk ke kotak surat elektronik ROI!, yaudah kita bikinin, nih, Tips Naik Angkutan Kota buat warga kreatif. Kuy ah!

1. Baca Do’a

OOTD1

Apa pun aktivitasnya, awali dengan berdo’a. Segala aktivitas kalau diawali dengan do’a pasti dikasih kelancaran. Apalagi kalau dengan sungguh-sungguh. Sekalian tadarusan juga boleh, karena sampaikanlah walau hanya satu ayat.

2. Hafalkan Jurusan Angkot

IMG_0052

Pastikan kamu tau destinasi yang bakal dituju. Mengetahui jurusan trayek angkutan kota adalah siasat yang cukup jitu. Jangan sampai kamu bingung jurusannya, terus nanya ke supir, “Mang, ini jurusan Manajemen Bisnis?”. Jangan gitu, nanti kamu dianggap heureuy. Mending kalau lucu.

3. Siapkan Uang Kecil

OOTD3

Punya uang besar bukan sebuah kesalahan, sih. Cuma takutnya nanti pas bayar nggak dikasih kembalian yang layak, makanya harus sediain uang kecil. Biar kamu punya receh, jajanin dulu uangnya. Beli pompa air gitu misalnya, walaupun kamu nggak butuh-butuh amat. Demi punya uang receh. Uang receh adalah kunci kesuksesan kamu dalam naik angkot.

4. Jangan Naik dalam Keadaan Ngantuk

OOTD4_2

Nah, ketiduran di angkot juga rawan dicopet, kawan! Makanya jangan naik kendaraan kalau lagi ngantuk berat. Bisa kamu siasati dengan tiduran dulu di tempat nunggu. Bawa samak, gelar, lalu rebahan. Sok nggak apa-apa, santai dulu aja. Ini semua demi kebaikan kamu.

5. Tunggu di Tempat yang Benar

OOTD6

Seringkali angkot nggak mau berhenti karena penumpangnya berhentiin di tempat yang dilarang berhenti. Pastiin kamu nunggu kendaraan umum di jalan yang emang dilalui angkot tersebut. Jangan menunggu di separator, karena bakal bikin supirnya bingung apalagi nunggu di tukang cuci motor dan berharap kendaraannya dateng. Angkot mah moal nyampeur. Emangnya temen komplek?

6. Tetap Sigap dan Fokus

OOTD5

Selain dalam berkendara, sigap dalam ancang-ancang memberhentikan kendaraan umum juga perlu. Seringkali kalau kamu nggak sigap dan nggak fokus, biasanya lupa berhentiin angkot. Probabilitas angkot yang sesuai keinginan tuh kecil, lho, kadang nemu yang penuh, kadang nemu yang isinya rombongan siswi SMP recok. Apalagi beberapa angkot jarang banget lewatnya, kayak jurusan Cimahi-Ledeng. Fokus dan sigap! Ini semua demi angkot idamanmu.

7. Males Ngikutin Tips dari Kami??? Pesen Ojek Online aja…

sdge

Hmm, memang benar adanya bahwa naik angkot itu nggak semudah memutar-balikkan fakta (sedep boss…). Orang-orang yang masih setia menggunakan jasa transportasi umum ini adalah orang-orang terpilih, yang telah mengikuti saran dan petunjuk dari ROI! Kalau kamu merasa nggak sanggup, gih, pesen aja ojek online. Angkot bukan untuk para pecundang. Catat! Minggu depan ulangan ya.


Ya, segini aja dulu OOTD buat kali ini, semoga tips kali ini bisa bikin warga kreatif makin sering naik angkot dan meninggalkan kendaraan pribadi. Sampai jumpa di OOTD selanjutnya. Stay angkoters, stay creative.

 

Foto: Rajawali Mahardhika | Model: Ayub Syirajul Kahfi

si sehat dan lincah