Tips Menjadi Anak Skena

Dengan datangnya kembali Record Store Day di muka bumi pada tahun 2017 ini, si kami juga ikutan untuk memperingatinya. Bukan dengan merilis #PlaylistEnak pilihan kami, karena ongkosnya mahal. Kali ini ROI! ingin memberi kiat-kiat untuk menjadi anak skena yang seyogianya patut kalian tiru. Biar pas dateng ke gelaran Record Store Day 2017, warga kreatif bisa berlaga sesuka hati, seperti Barry Prima. Eits, aktor laga itu mah. Sorry.

1. Memiliki Pengetahuan yang Luas

Menjadi anak skena itu jangan sampai hanya bermodalkan tampang dan gaya. Asupan otak akan pengetahuan pun harus diperhatikan. Coba untuk perbanyak baca segala macam buku. Dari mulai buku resep masakan karangan Ibu Siska sampai dengan zine-zine skena yang limited itu. Kan malu atuh ketika tampil seperti panutan, tapi pas ditanya malah blah-bloh.

2. Mengoleksi Kaos Band

Dengan mengoleksi kaos band, kalian nggak cuma support si musisinya aja. Kalian juga ikut memperkenalkan skena yang kalian gandrungi kepada khalayak ramai. Boleh-boleh aja, sih, ngoleksi banyak. Asalkan jangan congkak, apalagi kalau sampai lupa untuk menabung dan berbagi.

3. Memakai Setelan Catchy

Biar terlihat makin mamprang, sebelum ke luar rumah, pastikan kamu memakai setelan catchy andalanmu. Kenakan setelan yang pastinya bakal bikin orang menoleh ke arah kamu selama mungkin. Dijamin nepi ka nyeri leher nengok ke kamunya. Jangan sampai kamu nggak jadi pusat perhatian ya!

4. Jangan Lupakan Totebag

Totebag adalah aksesoris andalan agar kamu bisa terlihat di antara banyaknya orang. Totebag tuh fungsional banget, bisa buat nyimpen apa aja. Buat simpen dompet, jaket, bahkan piringan hitam sekali pun bisa asal ukurannya yang gede mah bisa wae. Ada satu hal, sih, yang nggak bisa disimpen. Sebuah rahasia. Hehe.

5. Kembali ke Analog

Kemunculan kembali keberadaan barang-barang analog seperti kamera yang sering dijumpai di tangan muda-mudi masa kini, tampaknya berhasil menghadirkan citra out of the box yang identik dengan anak skena. Mungkin semakin tua maka semakin kewl! Tapi, toh, masih bisa selfie kok pakai kamera analog, jadi nggak menggeser fungsi yang digital juga. Ngan antik weh hungkul. Jangan lupa beli film yang bagus ya!

6. Mampir ke Record Store

Sering absen di toko CD dan kaset juga jadi nilai tambah. Tentu, selain bisa tau barang-barang yang baru atau yang akan masuk ke toko, kalian juga bisa foto-foto dengan background rilisan, yang menambah kesan edgy buat display picture di media sosial kamu. Mungkin salah satunya, warga kreatif bisa mampir ke KeepKeep Musik yang tahun ini terpilih menjadi tempat terselenggaranya Record Store Day di Bandung. Lumayan atuh, punya stok display picture buat sabulaneun.

7. Koleksi Rilisan

Nggak afdol rasanya kalau udah main ke toko musik, tapi nggak beli rilisan. Selain untuk support musisi dengan membeli rilisan asli, bisa juga jadi ajang rejeki nomplok. Dengan cara beli rilisan yang sekiranya bakal jadi rare items, terus ditimbun selama bertahun-tahun. Abis itu dijual lagi ke orang dengan harga selangit. Biasanya, sih, di gelaran Record Store Day bakalan ada rilisan-rilisan terbatas yang bisa merealisasikan ide menimbun. Namun hati-hati, suka ada saingannya juga. Tapi, tong timbun-menimbun lah, doraka!

8. “Dekat” dengan Idola

Rasanya dekat dengan idola teh seperti hal yang nggak mungkin kejadian di dunia nyata. Nggak ketang, tapi perbandingannya bakal kayak 1/1000. Jadi kalau ada moment “dekat” dengan idola, segera kasih tau orang-orang, terutama temen kamu. Meskipun dekatnya hanya berupa jarak antara meja kamu dan meja idola? Nggak apa-apa, viralkan saja, kawan! Agar kamu disangka akrab dan seolah-olah teman sepermainan. Permainan unik sekali. Sorry.

9. Menikmati Gelaran Musik

Dateng ke acara musik teh wajib buat anak skena. Selain emang buat nikmatin penampilan musisi idola, bisa juga jadi ajang pakeren-keren outfit tea. Buktikan kalau kamu lebih kece dari orang lain. Tapi ingat, yang penting tujuannya adalah menikmati acaranya. Sedikit tips aja, nih, untuk menghindari polisi skena, kamu bisa juga tuh joget-joget dikit biar nggak disangka lagi nonton wayang.

10. Jangan Sombong

Untuk membuktikan kalau kamu anak skena sepenuhnya, selain tampil se-catchy mungkin, kamu juga harus memiliki rasa persahabatan yang lebih dari apa pun. Da manusia teh diciptakan sama. Jangan merasa paling keren sendiri, temen-temen yang lain juga punya gaya kerennya masing-masing. Ingat, meski berbeda-beda tapi tetap satu skena ya! Hahaha. Apeu. Jangan sombong ah, kan kamu bukan anak sultan.


Begitulah #OOTD dari ROI! tentang bagaimana menjadi anak skena. Ya, kalau nggak setuju mah nggak apa-apa. Yang penting persatuan terus terjaga. Naon.

Lokasi:

Foto: Chiko Caesar & Fadli Mulyadi

Model: Eri Hermawan, Hana Eka Hidayati, Sendhi Anshari Rasyid

*Tom & Jerry’s Opening Score*