Tips Liburan Akhir Tahun ala ROI

Akhir tahun selalu dianggap waktu yang tepat untuk berlibur bagi orang-orang yang ngerasa hidupnya cukup berat sepanjang tahun. Remedial, putus kabel kopling, salah beli paket internet, tulang kering kebadug ujung tangga yang bahannya semen, atau cingir kaki kamu yang kepentok kaki-kaki meja, adalah beberapa kejadian sial yang membuat suram hari-harimu dalam setahun. Akhir tahun 2016 bagi ROI! memang cukup berat. Menyiapkan radio lagi agar bisa siap streaming tahun depan, memesan galon delivery karena air minum selalu habis di kontrakan, dan banyak hal yang membuat kepala pening. Tapi bukan berarti bahwa kami, personil ROI! yang selalu santun dalam bersikap ini, nggak memikirkan liburan yang asyik untuk mengisi waktu luang di akhir tahun.

Bagi kami, liburan yang asyik itu tergantung pada apa yang kami anggap asyik, terlepas pada kenyataan bahwa ternyata liburan kami biasa wae. Malahan mah kajeun teuing terjebak macet di Gasibu sambil telinga terus-terusan disuguhi suara terompet yang dipasarkan tanpa label merk dagang. Untungnya, sih, vuvuzela belum diedarkan ke Indonesia. Untung banget. Nah, jadi gini, nih, Tips Liburan Akhir Tahun ala ROI! Maaf-maaf kalau kurang holidey. Kebanyakan holidey nanti kantung matanya mirip bapaknya Agus Yudhoyono.


1. Bermain dengan Kesendirian

Buat kamu si penyendiri, mengisi waktu dengan kesendirianmu adalah waktu paling seru. Kamu bisa ngobrol sama tembok, menghitung jumlah bulu kelek di kedua bagian lalu membandingkannya, atau berkhayal bahwa kamu adalah salah satu dari 10 public figure paling berpengaruh di Indonesia seperti Cesar YKS. Kamu bisa menjadi apa yang kamu inginkan. Bebas. Asal kalau ngupil jangan ngelap ke tembok. Cat Avian mahal euy.

2. Tetap Serius dan Ibadah Selalu

Nah, buat kamu yang cukup kritis, momen akhir tahun seperti ini layaknya direnungkan, dan dikaitkan pada pertanyaan berapa lama lagi kiamat akan datang. Nggak ada waktu untuk berleha-leha, kepala harus tetap fokus menyikapi segala hal. Ibadah adalah satu-satunya cara untuk membuatmu tenang menghadapi peliknya dunia ini. Hampura bos, ieu mah serius. Da aya benerna oge, sih, hahaha.

3. Berpura-pura menjadi Fiersa Besari

Iya, ini juga buat kamu yang kritis. Upayakan diri untuk selalu bikin kutipan yang berpotensi dijadiin status di media sosial atau dibikin kaos sama orang lain. Kata bung Fiersa, “Beberapa orang terlalu terburu-buru, hingga tak sempat menikmati waktu”. Jadi, yaudah, diem aja di kamar sambil menikmati waktu. Buat apa atuh tahun baruan mah, duniawi. Ulik terus kosakata kamu, baca buku sebanyak-banyaknya, bikin semua hal terlihat bagus dengan kata-kata, biar akun-akun kayak Kumpulan Puisi sama Amazing Video bisa pake tulisan kamu, terus nantinya temen kamu nge-like tapi ya kamu mah nggak dapet uang.

4. Bermain bersama Kawan

Wah yang ini mah memang selalu seru, sih. Semacam nongkrong bareng sampai tengah malem ngobrolin episode Spongebob dan suara dubbing Squidward yang makin sini makin nggak enakeun. Atau melakukan aktivitas positif nan kreatif seperti membuat jubah prajurit perang dari bahan seadanya. Bukan cuma kamu yang akan merasa liburanmu menyenangkan, tapi orang lain juga senang bisa ketawa pas liat kamu. Bahagia teh beneran sederhana nya. Ngan pedah jubah koran hungkul.

5. Mantai

Lieur-lieur teuing mah cabut aja ke pantai. Memang pantas diakui, air pantai teh beda banget sama air PDAM. Walaupun agak mainstream, nggak apa-apa. Pantai adalah destinasi idola siapa pun. Berpose seperti foto di atas adalah sebuah potensi meraup jumlah likes banyak. Tapi kalau bisa mah jangan kerung ya, kan liburan teh harus seneng-seneng. Ya perlihatkan atuh wajah senengnya. Maksimalkan semaksimal mungkin.

6. Habiskan Uang, Eksplor Tempat Baru

Bete oge, sih, kalau liburan ke tempat yang sama kayak orang-orang. Liburan hareurin. Bisa aja kan cari tempat baru, yang kerenan gitu lah secara estetik. Dengan tujuan wisata yang keren gitu juga harus diimbagi dengan setelan kita dong. Saran, sih, jajan dulu barang-barang mahal di H&M, kacamata item jangan lupa. Pastikan rambut udah ditata di Titi Anam. Bawa kendaraan pribadi juga, karena tempat seru selalu terpencil yang suka nggak ada angkot. Duit lagi atuh boss buat bensin. Ya nggak apa-apa, judulnya juga habiskan uang.

7. Bodo Amat lah Liburan!

Yang kayak gini, nih, yang nggak boleh. Tapi ya buat kamu yang lagi rarungsing banget sama sekolah atau gawean, kumaha deui. Liat temen update liburan di Path aja udah emosi. Bawaannya teh kesel liat orang-orang pada seneng sama liburannya. Yaudah, tips terakhir ini buat kamu-kamu yang paripolahna rudet. Nggak apa-apa, setiap orang berhak rudet. Tapi, ini akhir tahun boss, meskipun rarudet pastikan gaya kamu tetap trendi.


Segitu aja boss, kan on the spot juga biasa 7. Maaf nggak masukin tips babakaran jagung bersama teman, soalnya kami menghargai tukang jagung bakar di daerah Dago. Selamat tahun baru ya, warga kreatif!

 

Foto: waduh banyak pisan, ini ngambil dari Facebook para model

Model: Hana Eka Hidayati, Fadli Mulyadi, Virdy Abdussalam Delaellyrossa, Sendhi Anshari Rasyid, Shabrina Fadhillah, Kharinnika, Sella Vidya Irmanda & Rajawali Mahardhika

merokok dengan beat the devil’s tattoo dari black rebel motorcycle club.