Tips Jadi Pesepakbola Handal

Kamu tau HWC? Kebangetan kalau nggak tau. Nih, ya, anak-anak kebanggaan bangsa kita baru aja pulang dari Chile! Iya, untuk kesekian kalinya mereka berlaga di Homeless World Cup 2014, turnamen street soccer dunia yang diikuti oleh para mantan pecandu narkoba, anak jalanan, miskin kota dan orang dengan HIV/AIDS (ODHA). FYI, ini adalah kali ke-4 Indonesia mengikuti ajang itu, sejak Ginan Koesmayadi cs. mempeloporinya tahun 2011 di Paris!

Sedikit flashback, walaupun tim ini diikuti oleh orang-orang yang termarjinalkan secara sosial, nyatanya mereka bisa mengharumkan nama bangsa. Timnas kita pas tahun 2011 jadi peringkat ke-6, plus Ginan dinobatkan sebagai Best Male Player. Dan tradisi positif itu diteruskan oleh timnas HWC 2012 dan 2013.

Dan Oktober lalu, timnas kesayangan kita, yang mendapat dukungan dari brand ternama asli Bandung, Exsport – The Official Team Bags of Homeless World Cup Series, juga nggak pulang dengan tangan hampa. Sang Kapten, Swananda Pradika mendapatkan gelar The Best Male Player of HWC 2014. Selain itu, timnas kita dapet gelar juara ke-2 Ejercito de Chile Cup 2014 (satu tingkat di bawah Homeless Cup) dan mendapat peringkat ke-10 dunia pada ajang gelaran Homeless World Cup 2014. Walaupun mereka nggak lolos ke babak 8 besar, namun kehadiran mereka dalam ajang HWC ini (lagi-lagi) memberikan makna besar, bahwa kelompok marjinal pun bisa memberi manfaat bagi nusa bangsa! Mamprang!

Harusnya, sih, ini bisa jadi motivasi buat kita, bahwa sepakbola nggak memandang latar belakang orang. Siapa pun bisa bermain, bahkan menoreh prestasi kalau kita punya keinginan yang kuat. Yaa, kalau mau seperti teman-teman kita di timnas HWC tinggal latihan aja yang giat. Makanya, di OOTD kali ini, ROI! mau kasih tips kamu gimana caranya jadi pemain sepakbola yang handal. Kemon!

1.    Persiapan matang!

B2XJO5fIEAAkyaf

Sebelum memulai latihan menjadi pemain sepakbola yang handal kayak Ginan Koesmayadi atau Swananda Pradika, dibutuhkan persiapan yang matang. Pertama, bawa semua keperluan untuk latihan, misalnya bola, sepatu dan jersey sepakbola kamu. Biar praktis plus jagoan, simpen semua barang kamu di tas Exsport yang dipake timnas HWC 2014, siapa tahu semangatnya nular.

 

2. Pilih tempat latihan yang oke.

B2XJeWrIcAAknv9

Supaya mood kamu bagus sebelum latihan, coba deh pilih tempat latihan yang bisa memacu adrenalin. Jangan di lapangan bola, terlalu biasa. Cobain latian di stopan Soekarno-Hatta, biar menantang.

 

3. Eh iya.. Inget, yang dibawa harus bola sepak, jangan bola bowling.

B2XMaWWIMAADSm-

Pastikan bola yang kamu bawa buat latihan itu adalah bola sepak. Jangan bawa bola bowling, keras, sakit kalau ditendang. Tapi terserah, sih. Siapa tau ingin melatih kekuatan kaki, bolehlah nendang bola bowling.

 

4. Lari di atas beling (kalau berani).

B2XNAwOIUAEfcyi

Pemanasan itu penting, biar kaki kamu nggak keram atau cedera. Supaya kaki kamu kuat saat bermain bola, kalau kamu berani dan punya ilmu magis, coba lari di atas beling, minimal 5 putaran lah. Sambil narik truk pake gigi juga bisa biar makin fearless..

 

5. Latihan tendangan di dalam air biar bisa “tendangan macan” kayak Hyuga Kojiro.

B2XN6prIUAAUqfD

Kalau kaki kamu udah kebal, selanjutnya untuk melatih kaki kamu supaya nendangnya kenceng, coba deh latihan di dalem air. Kamu pernah nonton Captain Tsubasa? Untuk bisa melakukan “tendangan macan”, seorang Hyuga Kojiro harus berlatih menendang bola di air. Nggak ada salahnya dicoba..

 

6. Kalau perlu, bakar bolanya, biar jadi tendangan api.

B2XOOYOIMAE6_24

Masih untuk melatih tendangan. Kalau nggak sreg dengan “tendangan macan”, boleh coba jurus lain: “tendangan api”. Coba deh, bolanya dibakar, terus.. tajong. Jangan lupa berdoa dulu, takut terjadi hal-hal yang nggak diinginkan.

 

7. Biar fisik kuat, gelutkeun jeung si Ginan Koesmayadi.

B3lZXSjCEAAijCs

Oh iya, latian fisik juga penting. Jangan kagok, biar fisik kamu gagah, ajak gelut salah satu atlet sepakbola. Ginan Koesmayadi misalnya. Selain fisik terjaga, mental kamu juga terlatih.

8.    Kalau kamu sudah merasa jago, uji tanding sama tim yang kuat.

B2XPytyIEAAOgAW

Oke kalau udah latihan rutin dan udah merasa jago, cobain bertanding sama para sebagay.

 

 Foto : Prasetya Pandu, Ade Bambang

Model: Pandu Arjasa, Ginan Koesmayadi, Nixon Sabatino

Kalau suatu saat kita ketemu di dalem angkot, biar saya yang nyapa duluan. Hay!