Split (2016): Film tentang Kepribadian yang Membingungkan

Indeks Prestasi Keren: 7/10

Warga kreatif, kalian kalau denger kata “Split” jadi inget apa? Kalau aku mah jadi inget banana split. Tau kan, pisang yang dikasih es krim. Enak yah? Enak lah, bahasnya juga jadi pengen. Tapi sayang sekali. Split yang dimaksud ini bukan film tentang pisang atau tentang makanan pencuci mulut, tapi tentang manusia berkepribadian ganda. Makanya kenapa genre-nya disebut psychological thriller-horror. Ngarti ih.

Kalau di film ini, Kevin (James McAvoy) bukan punya 2 atau 3 kepribadian ganda, tapi ada 24! Banyak banget ya sampai 2 lusin. Kalau beli ciki dua lusin mah udah kayak mau buka warung. Hehe. Nah, di antara 24 kepribadian yang dia punya itu ada beberapa kepribadian yang lebih dominan dan agresif dari yang lainnya. Ada Dennis yang memiliki kelainan OCD, Patricia yang lembut, bahkan ada juga anak kecil bernama Hedwig. Lalu, kepribadian-kepribadian tersebut mulai mengambil alih diri Kevin akan tubuhnya sendiri.

Di awal film yang disutradarai M. Night Shyamalan ceritain tentang Casey (Anya Taylor-Joy) dan dua orang temennya yang diculik oleh Dennis, yang adalah salah satu kepribadian di tubuh Kevin. Kemudian mereka disekap dan dibuat bingung oleh sifat sang penculik yang ganti-ganti barengan setiap si penculik ganti baju. Kadang-kadang dia jadi serem, tapi ada waktu di mana dia bisa jadi perempuan yang pake heels atau bahkan anak kecil yang penakut. Tapi, sebenernya ada alasan tertentu kenapa Dennis menculik Casey dan temen-temennya ini.

Buat aku, sih, yang paling bagus dan menonjol dari film ini tuh aktingnya James McAvoy. Pokoknya keren banget deh, karena dia bisa meranin beberapa kepribadian yang punya ciri khas masing-masing. Beda sifat, beda cara ngomong dan bahkan beda raut mukanya. Dari ekspresi mukanya aja kita bisa tau si Kevin ini lagi jadi siapa. Filmnya ini suasananya intens banget. Ya, namanya juga film thriller, cuma ending-nya sedikit nggak jelas. Jadi mungkin kamu-kamu yang nggak suka sama film yang punya ending ngegantung mungkin bisa bete. Kayak hubungan sama si dia.

Udah, sih, gitu aja. Nonton yuk!

Rajin menabung dan tidak menggigit.