“Sintas”, Sebuah Titik Balik dari Adrian Yunan

Setelah terakhir kali saya nonton beliau di helatan Pasar Bisa Dikonserkan anu rame pisan eta parkiran na, kali ini saya kedapetan kabar lagi dari Adrian Yunan (Bassist Efek Rumah Kaca) yang melahirkan album solonya yang bertajuk Sintas. Kata ‘Sintas‘ sendiri memiliki arti bertahan hidup dalam kondisi yang nggak diinginkan. Lantas apa yang mau Adrian hadirkan di album solonya ini? Yeuh, simak sampai bawah.

Terhitung sejak 2010, Adrian Yunan terpaksa absen dari panggung Efek Rumah Kaca dikarenakan kondisi kesehatannya yang terus menurun. Tapi, Adrian nggak menyerah begitu saja dengan kondisi yang ada. Berawal dari sebuah bunga tidur, akhirnya Adrian menemukan momentum titik balik yang membankitkannya. “Saat bangun saya jadi terpikir, apakah saya mau melanjutkan hidup sebagai orang yang kalah atau yang menang,” tukas Adrian.

Berawal dari Cholil (Vokalis Efek Rumah Kaca) yang melempar ide untuk mengumpulkan materi-materi lagu Adrian tersebut untuk album solo. Ide Cholil pun disambutnya yang langsung bersemangat memilah lagu-lagu yang akan Ia rekam untuk album solonya yang bertajuk Sintas ini.

Dalam album Sintas, kita bisa menyimak pergulatan batin Adrian di tengah kondisinya kini dari lirik-lirik kontemplatif dan penyemangat diri yang ada di lagu “Mikrofon”, “Lari”, “Komedi Situasi” atau “Tak Ada Histeria”. Selain berisi lirik-lirik kontemplatif, album Sintas juga menampilkan lagu-lagu yang terinspirasi dari interaksi sehari-harinya dengan istri dan anak-anaknya. Seperti keinginan untuk jalan-jalan ke pantai berdua bersama istri “Terminal Laut” atau saat tanpa sengaja Adrian menginjak mainan anaknya hingga rusak “Mainan”.

Terhitung sudah dari Senin (5/6) lalu, album ini sudah beredar dan bisa warga kreatif gaet di toko-toko musik kepunyaan pemiliknya. Dijajakan dengan harga 50 ribu, warga kreatif sudah bisa menikmati dan berinteraksi lewat lirik-lirik yang dibuat oleh Adrian Yunan. Karena papendak mah sesah, mari kita berinteraksi lewat karya. Maka, izinkan saya menutup tulisan ini dengan sebuah ajakan; hayu anjir sisihkan duit kita buat beli CD Album Sintas! Biasa, langsung sambangi Omuniuum saja buat yang di Bandung mah ya!


Facebook: Adrian Yunan

Twitter: @AdrianYunan

Instagram: instagram.com/adrianyunan

Foto: dok. Muhammad Asranur

si sehat dan lincah