Setelah Bangkit dari Hiatus, Balcony (Kembali) Memutuskan Bubar!

Selain tahun 2016, rasanya tahun 2017 juga banyak menyembunyikan kejutan. Salah satu kabar yang banyak membuat pihak terkejut datang dari salah satu dedengkot band hardcore Bandung; Balcony. Betul pisan warga kreatif, seteleh dua dekade membakar panggung demi panggung, akhirnya unit hardcore ini memutuskan benar-benar dibubarkan. Kaget bukan kepalang!

Melalui akun Instagram dan Facebook-nya, sang vokalis Baruz “The Screamer”, memanaskan Kamis (15/6) malam itu dengan unggahan foto dan caption “BALCONY is F*cking Dead!”. Lewat unggahan itu, Baruz menuturkan bahwa Balcony harus “disudahi” sampai di sini. Seperti yang ditulis di pernyataannya, bahwa opsi mengakhiri Balcony – yang sudah berumur dua puluh tiga tahun – adalah opsi yang paling baik dari segala permasalahan yang muncul. Cukup disayangkan, sih, tapi da mau kayak gimana lagi atuh? Tos kedahna kitu, meureun.

Selama dua dekade lebih, Balcony telah muncul dan hiatus dengan sendirinya. Dalam kurun waktu yang cukup lama itu pula, Balcony sering berganti formasi dan telah mengikat pendengarnya melalui beberapa album seperti Instant Justice (1997), Terkarbonasi (1999), Re-definishit (2000), Hymne Penghitam Langit dan Prosa Tanpa Tuhan (2003), Metafora Komposisi Imajinar (2003), serta album terakhir sekaligus sebagai album reuni mereka yang bertajuk Reunion (2013).

Melalui kolom komentar di media sosial, banyak pihak yang menyayangkan bahwa unit hardocre legendaris ini harus benar-benar mati. Nya kumaha atuh ceesku? Keputusan yang dibuat sudah bulat. Akhir kata, Baruz mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pendengar dan semua pihak yang turut membantu Balcony terus hidup hingga akhirnya kembali diputuskan untuk benar-benar dibubarkan.

Sebagai pendengar dan penggemar yang budiman, mari kita banyak ucapkan terima kasih kembali atas segala karya yang Balcony hadirkan untuk warga kreatif. Terlebih, untuk segala semangat dan emosi yang dibagi di area moshpit. Respect badag buat Akang-akang Balcony! Sampai jumpa lagi, entah kapan.


Instagram: instagram.com/baruzthescreamer

si sehat dan lincah