Senandung Lirik Berirama Nada di “Tembang Co-op Vol. 1”

Karena aku sampai sekarang masih jomblo, jadi biar nggak hampos, di malam Minggu kemarin (11/02) aku dianjurkan teman-teman ROI! untuk bersenang-senang menikmati sajian musik di acara Tembang Co-op Vol. 1 . Acaranya digelar di Co-op Space, tepatnya di Jalan Menjangan No. 6, yang sekarang menjadi sangat pewe dan tambah nyaman buat jadi tempat nongkrong. Tempatnya nggak terlalu besar namun memenuhi kebutuhan setiap remaja, dari makanan ringan sampai makanan berat, kopi dan semakin mantap semenjak hadirnya Kedai Buku Kelana yang baru saja bergabung dengan Co-op Space.

Anyway, Tembang Co-op Vol. 1 ini diinisiasi oleh anak-anak Sorge yang bekerjasama dengan Secco Guitar. Gabungan antar beberapa kelompok aktivis dari Unpar dengan produk gitar asli Indonesia ini menghasilkan rangkaian acara yang menurutku sangat menarik. Sesuai dengan arti kata ‘tembang’ yang berarti lirik berirama nada, performance dari musisi-musisi indie Bandung seperti Bang Jon Kastella, Nil Saujana, dan Teman Sebangku membawakan irama nada yang hangat dan intim dalam lirik-lirik lagunya. Malam itu, nggak ada kesenjangan antar penonton dan musisi-musisi yang tampil. Mungkin karena penonton yang datang adalah mereka-mereka lagi yang sudah memiliki relasi kuat dengan tempatnya, atau mungkin karena musisi dan lagu yang dimainkan nggak asing lagi buat si penonton (karena keseringan tampil di mana-mana maksudnya).

Setiap lagu yang dibawakan masing-masing musisi memiliki jiwa dan ceritanya sendiri, sehingga suasana helatan kemarin sangat menggoyahkan hati. Yaela. Tentunya suara merdu dari petikan-petikan gitar menjadi salah satu faktor yang membisukan para penonton. Gitar Secco memang nggak dapat diragukan lagi kualitasnya, mungkin kalau aku beli gitar Secco bakal jadi merdu juga meureun ya genjrengannya… Menurut kamu gimana?

Penampil terakhir di rundown adalah Leanna Rachel dari Los Angeles. Sosok bule cantik, jangkung dengan rambut bergelombang coklat ini, sebelum tampil bercerita sedikit tentang stay-nya di Indonesia. Katanya, saking enaknya makanan khas Indonesia, dia di sini makan 5 kali sehari! Teh Leana, aku kasih tau ya, rahasianya adalah MSG yang bejibun. Fiqih dan Bella sebagai MC Tembang Co-op malam itu berusaha keras untuk dapat berkomunikasi dengan teteh Leanna menggunakan bahasa Inggris, walaupun sebenernya Leanna juga bisa bahasa Indonesia, lho. Bisaan euy.

Lagu-lagunya sangat menyentuh, beberapa berisi cerita yang sangat personal, terdapat variasi perasaan dalam masing-masing lagu yang dibawakannya. Penampilan Leanna Rachel dengan meng-cover lagunya Doris Day, Que Sera Sera, bersama Bang Jon, Mas Yudha, Doly dan Sarita menjadi penutup acara yang memuaskan. Tembang Co-op Vol. 1 berhasil merangkul Leanna Rachel dan memberinya sebuah warm welcome di Bandung yang bakal diingatnya.

Namun ternyata oh ternyata, ada penampilan nggak terduga dari Kak Nanda! Betul, itu, lho, Kak Nanda yang lebih dikenal bersama duo-nya di Banda Neira. Selepas ‘menduda’ malam itu Kak Nanda berhasil membuat Co-op Space bersunyi rindu saat menembangkan lagu Yang Patah Tumbuh, yang Hilang Berganti. Kehadiran Kak Nanda diberi apresiasi tepuk tangan yang nyaman untuk didengar, bukan seperti di konser-konser besar yang teriakan-teriakan individunya menguji kekuatan gendang telingamu.

Sebuah suguhan yang tentu sangat menarik di malam minggu itu, aku sampai jadi mau beli gitar baru dibuatnya. Semoga lekas ada lagi volume-volume selanjutnya ya! Seru!

gemar berimajinasi walaupun kadang lemot