“Sathar Vol. 1: Past”, Debut Pameran Tunggal Riandy Karuniawan

Kalau biasanya liat tema-tema berbau science fiction cuma di film-film aja, sekarang para penggemar genre ini bisa liat langsung dengan mata yang nggak pake kolor alias telanjang. Ih. Saya mah sebetul-betulnya nggak terlalu suka, sih, sama yang berbau scifi gitu. Cuma setelah denger ada berita kalau ilustrator favorit saya yang suka bikin artworkartwork jempolan band indie lokal dan sekaligus seseorang yang karyanya suka mejeng di jajaran kaos di Omuniuum mau bikin pameran, saya tetiba jadi ingin nonton Star Trek lagi. Eu, karbit. Seniman yang sama maksud adalah Riandy Karuniawan.

Buat yang belum tau, Riandy adalah seorang ilustrator handal yang karyanya… ngeri, sob. Malang melintang mah udah jelas, lah, ya. Beberapa karyanya mejeng di beberapa cover album dan merchandise band-band underground independen, kayak Rajasinga, Komunal, SURI, Auman, dan masih banyak lagi. Tapi akhir-akhir ini, Riandy juga mulai bikin dan cetak merchandise band yang nggak menganut musik underground, kayak Efek Rumah Kaca. Itu artinya do’i nggak neko-neko, apa aja asup.

Di tanggal 26 November 2016 nanti, Riandy Karuniawan bakalan ngadain pameran tunggal pertamanya di World’s End, sebuah prakarsa seni dan desain, dengan tajuk Sathar Vol. 1: Past. Tema yang diangkat yaitu seni 3D sureal yang medianya nggak biasa kita lihat sebelumnya. Pameran ini merupakan pameran tunggal pertama Riandy, yang juga merupakan bagian pertama dari seri pameran yang terdiri dari 3 bagian, yang akan mengeksplorasi awal perjalanannya sebagai illustrator, pelukis, dan seniman multimedia. Bakalan ada juga media pembantu buat kita bisa lihat dan menikmati lebih jelas karya dari seniman yang sempat mempelajari ilmu arsitektur dan seni ini.

Buat penggemar kaos-kaos desainan Riandy pasti udah nggak sabar, nih, nungguin pameran tunggalnya. Yang penasaran siapa beliau ini, boleh lah googling dulu dengan keyword PPAP. Maaf becanda. Saya nggak bakal cerita panjang lebar lagi tentang pameran ini. Biarin ah, biar warga kreatif semua nunggu dan mantengin media sosialnya Riandy dan World’s End. Meh akrab. Btw, ditandaan yah tanggalnya, Sabtu (26/11) nanti. Jangan sampai lupa tanggal buat public openingnya, karena bakalan ada bincang-bincang kecil bersama sang ilustrator. Sathar Vol. 1: Past akan berlansung sampai 31 Januari 2017. Bisi pada mau tahun baruan di sana, hayu lah! C U!


Website: worldsend.co | riandykaruniawan.com

Instagram: instagram.com/w0rld53nd | instagram.com/riandykaruniawan

Oh tiada tandingannya. Aku yang paling berkuasa. Semua orang tunduk padaku! Akulah, Kertarajasa~