Merasakan Nikmatnya Parkir Seenaknya di Bahu Jalan

Selain masalah peforma kendaraan, (gengsi) model kendaraan yang kamu gunakan, dan ketangkasan kamu dalam berkendara, salah satu hal lain yang erat kaitannya dengan para pemilik kendaraan adalah kegiatan parkir. Semakin melonjaknya volume kendaraan (baik yang dibayar cash atau kredit), pastinya kebutuhan lahan untuk parkir juga semakin meningkat. Kan nggak mungkin motor atau mobil kamu disakuan atau dilipet. Muhun da samak, dilipet.

Berangkat dari kegelisahan awak media ROI! yang kadang kena jebakan betmen si tukang parkir ‘siluman’ yang ketika masuk parkir ia nggak berwujud, tapi pas motor mundur saeutik tiba-tiba ada suara “yo, terus! lurus!”, si anjas teh. Kamis (6/10) lalu, saya dengan santainya momotoran dan memutuskan untuk parkir di bahu jalan. Apa betul parkir di bahu jalan itu kegiatan seenaknya? Gimana, sih, ini-itu lainnya? Yeuh, simak obrolan saya dengan Pak Opa selaku juru parkir senior se-Jalan Merdeka dan sekitarnya.


Pak, boleh ikut parkir di sini? Kalau saya bantuin markiran, saya boleh parkir gratis nggak, Pak?

Pak Opa: Eh, parkir mah parkir aja atuh. Wios ku bapak weh markiran mah.

Teu nanaon, Pak. Wios. Mumpung masih kuat dan lincah. Jadi bisa ngebantu.

Pak Opa: Tapi engke bapak rugi dua rebu, hahaha.

Hahaha. Heureuy, Pak. Tapi, biaya buat parkir teh emang dua ribu rupiah?

Pak Opa: Muhun cep, kata mandornya memang dua ribu. Kata papan peraturan juga dua ribu.

Lho, kenapa kata mandor, mang? Emang yang bikin peraturan teh mandor?

Pak Opa: Iya, aya mandorna kikieuan teh. Si mandor ieu teh bisa petugas dari Dinas yang megang lahan atau emang orang-orang suruhan dari Badan terkait tea. Tarif peraturannya mah bapak teu apal. Tapi, ya namanya juga kerja sama orang, nurut-nurut weh, selagi nggak ngerugiin bapak mah.

perwal-1005-2014

Wah, ada mandornya geuning. Kirain emang seenak hati petugas parkir nerapkeun harga parkir. Kalau lahannya sendiri, memang bebas parkir di mana wae ieu teh, Pak?

Pak Opa: Eh, ya nggak atuh. Tapi, kadang emang aya weh anu teu baraleg mah, nentukeun tarif seenaknya. Terus kalau lahan parkir teh ada yang punya. Biasanya mah perseorangan. Ini juga bapak diajak yang punya lahan. Asal punya uang lebih mah bisa beli lapak parkir sendiri. Raoseun.

Asa jiga sultan gaduh lahan parkir nyalira. Kalau gitu, jadi jukir teh nggak perlu daftar ke Dinas atau si Badan terkait tea atuh, Pak?

Pak Opa: Bapak mah nggak. Soalnya dipersulit. Tapi, dari dulu juga bapak mah nggak daftar, pokoknya mah diajak yang punya lahan. Saling percaya tea. Si eta boga lahan, ku bapak diurus. Tapi nya teu raos oge, aya logo Kota Bandung di seragam, tapi jiga teu diaku tea. Lamun kacugak teh ka puskesmas mayar nyalira.

Kuduna mah mandor nguruskeun petugas parkir di setiap lahannya atuh, Pak?

Pak Opa: Tah, kitu meureun. Haha. Soalnya bapak teh jadi tukang parkir dari zaman Walikota Bandung masih keneh Pak Ateng Wahyudi. Dari dulu ikut markiran teh selalu diajak orang, dari mulai aturan masih kumaha Tukang, sampai sekarang aturan kumaha Juragan. Alhamdulillah dipercaya wae. Tapi, nya kitu, asa henteu resmi da ngan saukur diajak hungkul.

Lamun inovasi alat parkir meter kumaha, Pak? Bapak pernah nyobaan?

Pak Opa: Bapak belum pernah pake, tapi pernah ningalikeun. Tarifnya mah sama wae, cep. Tapi sekarang nggak aktif lagi geuning yang di Jalan Braga teh. Mulai bayar langsung ke jukir lagi. Duka dipareuman, duka reksak eta teh. Lebar.

Lebar atuh…

Pak Opa: Iya lebar, padahal eta teh sae, jadi bisa teratur ke waktu parkir sareng pemasukan ge lumayan nambah.

Terus si uang retribusi parkir teh dikamanakeun, Pak? Dibagi jeung mandor?

Pak Opa: Ah, paciwit-ciwit weh, cep. Semua jukir setoran ke mandor, nanti mandornya setoran ke atasannya, semakin ke atas semakin enak. Kalau tukang mah ya kadang cuma dapet ‘bubuk’. Namanya juga tukang. Tapi, yang makin bikin bapak kesel mah di jalan teh sok aya wae oknum anu ngangge seragam. Namanya juga oknum, ujung-ujungna duit udud jeung duit ngopi. Matak bucitreuk teu puguh.

parkir-meter

Tah, lamun saur bapak, mending kumaha si lahan parkir teh?

Pak Opa: Mending kumaha nya? Mending aturanna dilereskeun, biar yang punya lahan enak, yang jaga parkir enak, terus yang parkir juga enak. Lamun henteu, mending jiga bareto (zaman dulu, RED). Jarang ada yang pake mobil sama motor, jadi lahan parkirna ge puguh. Kan sekarang mah mobil sareng motor pabalatak, jadi lahan parkir ge aya di mana-mana. Teu puguh. Tapi, ya bapak mah ikut bagusnya weh. Soalnya nggak jadi jukir juga bapak mah bisa narik beca. Aman.

Pami saur bapak yeuh, anu salah teh naon nya, Pak?

Pak Opa: Alah naon nya? Lamun nyalahkeun aturan, bapak ge teu apal aturan pastina. Lamun ngalepatkeun anu aya di lokasi parkir, tapi da asa teu puguh nyalahkeun batur. Ieu mah aya oknum.

Jadi anu lepat teh saha atuh, Pak?

Pak Opa: Eta mah, oknum anu pipilueun. Oknum anu nyadiakeun lapak sangeunahna jeung oknum anu kalakuanna sangeunahna. Soalna lamun nyebatkeun hiji-hiji mah bilih janten fitnah. Hehehe.

Lamun tukang parkir anu cicing wae tapi pas aya motor kaluar langsung niup piriwit, eta kumaha, Pak?

Pak Opa: Bapak ge kadang sok kitu. Lamun cape. Nya kumaha atuh? Da sami-sami jalmi, aya capena. Kan nggak bisa terus berdiri. Tapi, lamun aya anu cicing wae tapi minta bayaran teu asup akal, tah eta mah anu bieu, oknum tea.


Tiba-tiba ada kendaraan yang keluar dari lapak parkiran Pak Opa, beliau segera menghampiri motor dan saya juga ikut bergegas keluar lapak parkiran. Seperti kata Pak Opa, beliau dan jukir lainnya hanyalah tukang, sedangkan yang mengatur adalah juragan.

Persoalan lapak, biaya parkir, dan kelakuan yang (kadang) serba seenaknya ternyata dipengaruhi oleh pengaturan yang juga (cenderung) seenaknya. Terus kudu kumaha? Siapin receh aja, soalnya jukir kayak Pak Opa jarang ada kembalian. Oh iya, kalau tulisan ini dirasa kurang ROI! banget, ya maaf, mungkin yang nulis juga oknum.

si sehat dan lincah