Menyimak Kedigdayaan Musik Rock lewat “Menjilat Matahari”

Sedikitpun nggak ada hal yang bikin Aku ragu-ragu buat nonton Yockie Suryoprayogo, meskipun lagi ada di tengah-tengah barisan hari kerja. Untung bukan barisan para mantan, bakal repot kalau ngajak mantan ke konser mah. Berlokasi di The Pallas, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (11/10) kemarin Om Yockie Suryoprayogo sukses bikin orang-orang mengingat kembali bahwa Indonesia pernah punya musik rock berkualitas di lajur mainstream.

Datang ke konser bertajuk Menjilat Matahari ini sebenernya saya agak awkward. Menonton musisi legenda berkolaborasi dengan penyanyi-penyanyi kenamaan yang lebih muda dari bintang utama adalah pengalaman baru. Nicky Astria, Ariyo Wahab, Andy /rif, dan Budi Cilok adalah penyanyi-penyanyi yang ikut bersenang-senang di Menjilat Matahari. Lagu-lagu yang dinyanyikan tentu lagu ciptaan Om Yockie semua mulai dari yang dinyanyikan Nicky Astria sendiri, sampai yang dinyanyikan God Bless, Iwan Fals, dan Alm. Chrisye.

Sebenarnya yang berharga buat saya bisa datang ke konser ini adalah pengalamannya. Selain mendengarkan musik-musik yang pernah mengisi hari-hari di masa SD berbelas tahun lalu, menonton langsung penyanyi-penyanyi hebat dengan situasi sekitar yang penuh dengan om-om dan tante-tante adalah pengalaman yang jarang bisa didapatkan. Ya, bisa dibilang kalau “kids jaman now” kan biasanya lebih ke gigs yang isinya kengkawan sebaya seumuran ya? Kapan lagi bisa lihat penonton seumuran ayah-ibu kita ikut nyanyi-nyanyi dan bahkan joget seru selain di situasi kondangan? Hihihi.

Konser dibuka dengan komposisi dan musikalisasi puisi oleh Andy /rif. Dilanjutkan dengan Nicky Astria menyanyikan lagu kesukaan mamah-mamah kita semua yaitu Misteri Cinta. Lagu ciptaan Om Yockie untuk God Bless berjudul Kehidupan dimainkan dengan Ariyo Wahab dan Andy /rif sebagai vokal. Setelah deretan lagu tadi, masih banyak lagi lagu-lagu ciptaan Om Yockie yang dinyanyikan bergantian seperti Bebas Lepas dan Biar Semua Hilang milik Nicky Astria yang bikin saya sukses merinding enak dengerin suara yang nada tingginya nggak ada yang goyang kayak semak-semak ketiup angin. Clean!

Lagu-lagu yang dinyanyikan Iwan Fals juga dibawakan dengan Budi Cilok sebagai vokal. Sebut aja Orang-Orang Kalah, Rajawali, Bongkar, Bento, judul-judul lagu yang pernah jadi hits ini pasti nggak asing di telinga. Yang istimewa, selama lagu-lagu Iwan Fals dimainkan, ada Om Setiawan Djody yang main gitar. Duh, full package sekali pokoknya! Masuk ke sesi lagu-lagu Alm. Chrisye, Ariyo Wahab dipercaya menjadi vokal. Serasa dan Juwita adalah beberapa lagu Alm. Chrisye yang dibawakan malam itu.

Dari awal sampai akhir, konser yang berlangsung tanpa MC ini dipandu langsung sama Om Yockie dari balik alat-alat musik beliau. Meskipun usia Om Yockie sudah senja dan lebih cocok saya panggil Eyang, soal kekuatan berdiri, saya kalah jauh sama Om Yockie. Selama dua jam, Om Yockie tenang-tenang aja berdiri di panggung sambil memainkan semua lagu-lagunya, sedangkan saya baru sejam aja udah pegel banget. Hvft.

Berkat konser ini, saya menyadari bahwa Indonesia punya musisi rock yang ternyata nggak kalah keren dengan musisi luar negeri. Bahkan sangat patut untuk warga kreatif simak. Lewat Menjilat Matahari pula, Aku ngerasa kalau Om Yockie seolah membuktikan kalau musik rock Indonesia masih sangat sarat akan kualitas. Semoga semangat yang ditelurkan oleh Om Yockie bisa dilestarikan terus oleh para penerusnya ya! Agar supaya musik rock Indonesia bisa sekeren ini selalu.

Foto: dok. ROI! & Trans Event

Anaknya gampang dibahagiain kok, apalagi kalo diimamin.