Memperluas Perspektif di “Beranda 2017”

Menjadi mahasiswa teh emang menjadi masa-masa yang menyenangkan. Sok aja, nggak cuma belajar subjek yang disenangi, tapi dianjurkan untuk mampu membuat sesuatu dari hal yang disenangi, contohnya karya seni. Begitu juga yang dilakukan oleh Keluarga Mahasiswa Desain Interior atau KMDI Telkom University yang di hari Sabtu dan Minggu (25-26/3) kemarin menggelar pameran bertajuk Beranda di Galeri Yuliansyah Akbar, Bandung.

Pameran ini merupakan proyek tahunan dari KMDI Telkom University yang bermaksud untuk memberi tau orang banyak mengenai proses awal hingga akhir sebuah desain. Nggak cuma desain interior aja yang ada dalam pameran ini, ada juga hasil karya dan instalasi seni dari program studi lainnya.

“Pameran ini sebenarnya bukan cuma dari (desain) interior aja, tapi ada juga dari desain komunikasi visual, seni rupa, dan kriya tekstil dan mode,” ungkap Hazmi, salah satu seorang panitia Beranda. Jadi di Beranda ini teh kayak ngasih tau, proses awal sebuah karya seni adalah menggambar, tapi dari sebuah gambar bisa tercipta banyak hal tanpa batas. Menarik gitu. Ya, memperluas perspektif gitu lah buat orang-orang awam.

Saya sendiri sempat terkagum-kagum ngeliat hasil dummy desain interior yang ada di Beranda. Di situ saya baru paham, kalau desain interior teh nggak hanya mikirin soal warna tembok dan letak pintu atau jendela, tapi bagaimana caranya agar flow di dalamnya pun enakeun. Sebelas-duabelas sama Feng Shui meureun ya. Hasil kurasinya juga melibatkan dosen-dosen Fakultas Industri Kreatif Telkom University sendiri, lho. Berdikari euy.

Nggak hanya pameran karya seni, Beranda juga menghadirkan workshop menggambar dan merajut, art performance, live painting, serta penampilan musik dari Alvin & I dan Rumah Musik Harry Roesli. Full package gitu. Ilmu dapat, senang-senang pun dapat. Semoga saja yang diharapkan oleh KMDI Telkom University dapat tersampaikan kepada masyarakat umum melalui Beranda ini. Suatu saat nanti saya juga mau ah, bikin karya tanpa batas.


Foto: Yakub P.W.

*Tom & Jerry’s Opening Score*