Melestarikan Identitas Tatar Sunda di Helatan “Sound of Game’Land”

Sebagey warga Indonesia yang baik dan mengabdi, mempunyai identitas seperti adat istiadat dan suatu ciri khas kebudayaan adalah suatu kebanggan yang nggak ternilai harganya. Dan melupakannya, adalah hal yang sangat dekat dan mungkin terjadi dengan kebanggaan itu sendiri. Nah, menjaganya  merupakan misi kita sebagai barudak penerus bangsa yang bakal terbakar amarahnya kalau identitasnya itu teh diambil ku batur.

Adalah Departemen Pendidikan Seni Musik 2013 Universitas Pendidikan Indonesia, yang punya upaya untuk melestarikan dan menjaga salah satu warisan nenek moyang (ku seorang pelaut). Sorry. Sound of Game’Land adalah inisiatif temen-temen Seni Musik UPI untuk kembali memakai alat-alat musik tradisional asal tatar Sunda yang udah hampir eleh sama serunya boomerang-an di snapgram. Mereka hadir dengan menggabungkan musik gamelan dengan lagu-lagu yang udah nggak terlalu asing sama pendengar di zaman ini. Ensemble Kyai Fatahillah didaulat jadi punggawa utama yang bakal menebalkan aroma gamelan di panggung nanti. Oh iya, Ensemble Kyai Fatahillah ini adalah kelompok dari Seni Musik UPI yang berakar dari musik tradisi sunda dan konsisten sampai sekarang ini. Cakep.

Nggak tanggung-tanggung, Sound of Game’Land ini bakal menggaet artis-artis yang sudah nggak asing lagi di telinga kita-kita ini. Kimokal, Stars and Rabbit, Barry Likumahuwa, juga Tompi bakalan bikin kalian tercengang nepi cirambay. Kebayang nggak, mereka bakal tampil di luar kebiasaan yang mereka tampilin? Santai, mereka nggak bakalan silat kok. Belum lagi, nih, masih bakal ada kolaborasi dengan yang lainnya, kayak teh Rita Tila dan Mang Ayi. Euh, ini mah kapan lagi. Kalau kata bang haji mah jadi makin pe-na-sa-ran.

“Kenapa kalian harus dateng ke Sound of Game’Land ini? Karena di sini ada temen-temen, anak muda luar biasa yang punya perhatian lebih untuk musik tradisional, which is itu adalah identitas bangsa kita yang cenderung kita semua udah ngelupain,” kata mas Barry. Tuh, sambil mantengin acara musiknya itung-itung kita jadi belajar lagi pelajaran da-mi-na-ti-la-da pas waktu SD tea ningan, biar inget pas disuruh main suling sama guru seni budaya. Nyambil tea mun ceuk batur mah.

Jadi, buat kalian yang mau tau info soal tiket atau apa pun, bisa langsung cekidot ke akun-akun mereka, ya. Teu mahal teuing da. Kalem. Sampai bertemu, ya!


Instagram: @soundofgameland

Website: soundofgameland.id

Oh tiada tandingannya. Aku yang paling berkuasa. Semua orang tunduk padaku! Akulah, Kertarajasa~