Matajiwa Bercerita tentang “Inti” dan “Semesta”

Membahas soal band duo di Indonesia, yang menghasilkan musik megah nan enerjik selayaknya cuanki serayu, pasti bakal bikin kita terheran, “ah, masa iya bisa”. The Experience Brothers, Bottlesmoker, Future Collective, dan deretan band yang dimotori oleh dua orang aja. Dan berbicara soal konsep band tersebut, rasanya kurang lengkap kalau nggak menyertakan Matajiwa. Duo yang memainkan musik blues dan alternative rock yang membaurkannya ke dalam world music, dan mereka menyebutnya sebagai experience, experiment, expression; merasuk dengan sebuah kepekaan rasa.

Matajiwa adalah Anda Perdana (vokal, gitar) dan Reza Achman (drumcussion), dibentuk pada tahun 2011. Sejauh ini mereka telah merilis album berjudul 1, yang terbagi ke dalam 2 seri, Part I (2013) dan Part II (2014), single Now Nation (2013), dan merilis kaset untuk album 1. Dalam video Ngamplag, sebuah konten video dari Infobdg TV, mereka menceritakan sedikit kisah awal mula terbentuknya Matajiwa.

“Karena asik aja, sih. Karena dari suatu keasikkan bermain musik bareng yang tak disangka-sangka,” kata Reza, yang juga mengusulkan penamaan ‘Matajiwa’. Nggak ada yang menyangka kalau musik dengan karakter kuat khas mereka ini awalnya dari ketidaksengajaan. Becanda berhadiah. “Di Bandung waktu itu kejadiannya pertama kali. Waktu itu kita lagi main di kampus, temen-temen yang lain lagi nggak bisa, dia (Reza Achman) yang bisa. ‘Udah gua aja, entar gua setting drum gua deh, lu main gitar akustik aja’. Oh yaudah,” kisah Anda Perdana.

Pada kesempatannya di Ngamplag, Matajiwa membawakan lagu Inti dan Semesta, dua lagu yang terdapat dalam album 1. “Inti itu sebetulnya inspirasinya dari sebuah perayaaan matahari di Amerika Latin sana. Suku Maya, Inca. Jadi buat mereka tuh matahari bisa juga kayak Tuhannya, sumber energi, pokoknya segalanya lah,” pungkas Reza. Lagu ini memang terdengar pas untuk sebuah perayaan, dengan suara tepukan tangan di bagian awal dan nada-nada yang benar-benar berhasil menggambarkannya.

Sementara lagu Semesta adalah lagu yang penuh penghayatan, sebuah perenungan dengan lirik yang kuat. “Gimana pun kita sendiri, punya semesta kita sendiri,” kata Anda tentang Semesta.

Mendengarkan musik Matajiwa adalah sebuah pengalaman menarik mengenal kekayaan alam spiritual. Dan menyaksikan mereka secara live adalah list kewajiban nomor dua. Nomor satunya ngabisin sore sambil dvd maraton. Sambil nunggu jadwal manggung mereka di Bandung, yuk, tontonin video Ngamplag edisi Matajiwa di bawah ini. Segerrr!

________________________________

Web: matajiwaofficial.com  |  infobdg.com | infobdg.tv

Twitter: @matajiwa_  |  @infobdgTV

Ruang Alternatif Kamu