“Jukebox 2.5”, Gelaran Musik Penuh Gimmick

Di hari Selasa (28/3) malam, saya coba untuk mengitari Jalan Setiabudhi Bandung. Baru aja geber motor 500 meter-an, udah haus. Akhirnya saya mampir deh ke Seven Café. Siapa tau di sana menjual varian soda yang saya suka, ternyata di dalamnya lagi ada acara musik, berjudul Jukebox 2.5. Sebuah acara yang selalu Traffic Light Bandung adakan pada hari Selasa ini udah memasuki rangkaian acara yang ke-3. Katanya, sih, acara ini merupakan gimmick aja demi menyambut gelaran mereka yang ke-3 di Selasa lainnya yang akan datang. Ya, walaupun katanya cuma acara gimmick, tapi pengisi acaranya aredan oge!

The Panturas membuka malam Rabu yang lalu dengan ke-slengean-nya. Asli, sih, tapi menggoyangkan badan dengan diiringi lagu-lagu mereka itu kesyahduan hakiki. Oh iya, ada Oscar Lolang juga yang menemani mereka beraksi di atas panggung, dengan gimmick sang vokalis yang nggak hafal-hafal lirik lagu yang masih baru, jadi minta Oscar Lolang buat nyanyiin lagu itu. Jadi Oscar Lolang yang lebih hapal. Haha. Penampilan disambung oleh Saturday Night Karaoke yang baru aja balik dari Jepang. Wah, band ieu rada tarik, sih. Dengan tempo yang lebih cepat dan aksi yang lebih energik, Saturday Night Karaoke membuat daya tarik tersendiri dengan massa yang makin banyak berkumpul di depan panggung untuk goyang sana-goyang sini.

Lalu muncullah The Schuberts yang membumbui suasana Seven Café dengan pembawaan mereka yang santai tapi pasti. Pasti yoi, gitu. Mereka berhasil memikat orang-orang yang sedang duduk santai sambil bercengkrama dengan cs-nya langsung memenuhi arena nangtung. Echolight tampil sebagai band penutup malam itu, dengan harmonisasi instrumen yang membawa penonton terdiam. Padahal mah bebas mau teriak-teriak, tapi ini diem sambil manggut-manggut. Saking syahdunya meureun.

Gelaran ini berlangsung cukup lancar dan meningkat. Menurut Mas Akin, salah satu penonton yang mendatangi Jukebox dari gelaran pertama hingga gelaran 2.5 kemarin malam, “karena di sini saya liat banyak orang-orang baru hadir yang nggak saya liat di acara-acara kemarin,” katanya. Waduh, jadi makin dibuat penasaran, kejutan apa lagi ya yang ada di gelaran selanjutnya? Semoga warga kreatif selalu menunggu deh kehadiran Jukebox-Jukebox selanjutnya, karena buat saya, malam Selasa itu cukup menyenangkan dan buat saya haus lagi pas mau pulang.

 

Teks: Tamarisky Setiawan

Foto: Alfi Prakoso

Ruang Alternatif Kamu