Gardika Gigih Rilis Video “Kereta Senja”

Halo warga kreatif, Sorge Records meluncurkan video musik lagu Gardika Gigih yang berjudul Kereta Senja, nih. Bukan yang jugijagijug tea. Video yang berdurasi 9 menit 17 detik ini, merupakan hasil kerjasama antara Sorge Visual, Gardika Gigih, dan Rekambergerak. Kalau masih bertanya-tanya Gardika Gigih siapa, beliau adalah pianis dan komponis asal Yogyakarta. Lagu-lagu yang beliau komposisikan sangat merdu untuk didengar, sering kali berhasil membuat para penikmat tersentuh. Sampai-sampai Adhito Harinugroho sebagai videographer music video dari Sorge Visual yang biasa dengerin lagu punk aja, pas pertama kali mendengarkan langsung ‘dapet’ cenah. Entah dapet apa itu maksudnya. Hahaha.

Kereta Senja merupakan lagu yang berat, karena maknanya yang begitu tersirat, interpretasi tiap individu pun beragam. Sebuah lagu yang dapat direlasikan ke diri kita masing-masing, bukan hanya tentang cinta, tapi juga tentang hidup, seperti sebuah doa kalau kata Adhito Harinugroho. Ya, katanya begitu-begitu aja tapi makna berdasarkan pengalaman berbeda-beda.

Konsep dari video ini  muncul saat mas Dhito sedang bersepeda menyeberang sebuah jembatan di Jakarta, lalu di bawahnya ada kereta. BOOM! Muncul! Begitu katanya. Kurang paham, sih, teknisnya, tapi aku percaya kalau memang konsep tuh datang begitu saja. Idenya adalah untuk menggabungkan 2 video antara video dokumentasi oleh tim Rekambergerak saat Gigih rekaman langsung di ruang seminar Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta pada tahun 2016, digabung dengan sebuah interpretasi terkonsepnya Adhito Harinugroho yang mengajak rekannya, Angga Miga, untuk menjadi model. Proses pengambilan gambar model serta penyuting akhir memakan waktu dua hari. Waktu yang cukup singkat ya. Ternyata kata Mas Dhito yang lama bukan eksekusinya, tapi mikirin konsep yang datangnya nggak dapat diduga kapan. Nyari aja sampai ada yang pas. Ketemu deh. Kayak jodoh. Ea~

Aku, sih, pas nonton videonya jadi membayangkan prosesnya. Dari cuplikan yang bolak-balik dari ruang seminar Koendjono ke cuplikan Angga yang sedang berpayung di jalanan, balik lagi ke ruang seminar, dan seterusnya bikin kita terpaksa mencari sebuah korelasi antara 2 hal yang sedang terjadi. Menarik ya. Image-nya pun hitam putih. Sangat murni. Berarti ini bukan suatu video yang memiliki makna yang fixed. Menurutku video ini sebuah hasil usaha untuk memproyeksikan secara visual makna dari lagu Kereta Senja. Makna yang berada dalam pikiran mas Dhito.  Dramatis dan lugas! Ya nggak, sih? Sotau lagi, nih~ Jangan bosen yah~


Soundcloud: soundcloud.com/gardika-gigih-pradipta

Instagram: instagram.com/gardikagigih

gemar berimajinasi walaupun kadang lemot