“bu.ku”, Si Media Perekam Jurnal yang Multiguna

Eh, kata siapa media yang serba digital mampu menggeser fungsi kertas sebagai media perekam jurnal? Ya, nggak atuh! Hehe. Pasti banyak yang setuju, sih, masih banyak fitur-fitur si kertas yang belum bisa digantiin media digital. Kenalin dulu, bu.ku salah satu brand penggiat media rekam jurnal berbasis kertas. Berawal dari ide men-danus buat kegiatan kampus, lima orang mahasiswa Unpar ini akhirnya mengeksekusi ide mereka untuk bikin jurnal pada bulan Juli 2015 kemarin. Setelah si kegiatan kampus rampung, bisnis ini akhirnya mereka tekunin lebih lanjut hingga sekarang.

Gita dan kengkawan setuju sama statement “don’t judge a book by its cover”. Karena menurut mereka “isi” jurnal itu sendiri yang mesti jadi pertimbangan atau penilaian. Jurnal yang ditawarin bu.ku adalah jurnal kecil dengan cover hitam polos dan lembaran kertas kosong yang mesti kamu kasih identitas. Caranya, ya, dengan kamu bawa ke mana-mana, kamu isi sama resolusi 2016, doodle, daftar pelajaran, struk alfamart, apa aja, lah, pokoknya suka-suka. Jurnal ini paling enak dipake buat ngisi hal-hal personal, walaupun secara guna bisa kamu pake buat apa aja, asal jangan dipake ganjel pintu weh, piraku.

buku (3)

Proses eksekusi jurnal ini ternyata cukup panjang, dari konsultasi dan survei jenis kertas yang ideal, material cover, konten, hingga ke percetakan udah mereka lakuin. Dibanderol dengan harga IDR 120, mereka beropini kalau penggunanya dapet melewati pengalaman pribadinya yang kalau diceritain mah kayak yang biasa aja gitu, tapi make jurnal ini bisa jadi luas pisan pesan yang disampaikannya. Aku jadi inget buku wreck this journal buatannya Keri Smith, yang isinya perintah-perintah bodor untuk kita kerjakan. Dengan maksud menstimulus kreatifitas si pemilik jurnal yang sekaligus bisa mendeskripsikan identitas si pemilik dari isi jurnalnya. Nggak jauh beda, cuma di sini kamu bikin titah buat diri sendiri, bikin alasan sendiri buat bikin jurnal kamu punya pembeda dari kepunyaan orang lain.

buku (1)

Kabarnya, tahun depan mereka bakal bikin varian ukuran jurnal yang lebih beragam, biar kamu bisa milih mana yang paling cocok buat kamu. Kedepan mereka bakal ngusahain supaya bu.ku bisa lebih mudah didapetin di toko kesayangan anda. Sementara via online, ya, lengkapnya bisa diliat di akhir artikel. Gitu deh, semoga bermanfaat!

Foto: Haruka Fauzia; Nadia Saida

                                                              

bu.ku

http://kommunars.com/

Official Line: @xge4102h

instagram: instagram.com/bu.ku

email: buku.est2015@gmail.com

                                                   

Spesifikasi:

Kertas ukuran 9.7 x 16.7 cm, 100grm, 120 halaman;

Orientasi landscape;

Tahan cat air.

                                                        

Fitur:

Blank hard cover berbahan kulit warna hitam;

Tear-mark pada tiap lembar;

Lembar identitas;

Pembatas buku;

Wadah menyimpan slip.