Doctor Strange (2016): Bimbingan Mejik Bersama Eks-Ahli Bedah

Indeks Prestasi Keren: 8.5/10

Halo! Balik lagi sama film keluaran Marvel yang paling baru, nih, Doctor Strange! Kalau kamu fans Marvel pasti sudah wajib atuh ya, buat nonton. Aku juga. Kalau aku mah seneng banget soalnya yang main jadi Doctor Strange itu aktor favorit aku, alias Benedict Cumberbatch. Hehe.

Nah, film ini nyeritain tentang dokter Stephen Strange, yang tadinya adalah seorang ahli bedah yang jago banget. Suatu hari, Stephen Strange ngalamin kecelakaan parah yang mengakibatkan bagian tangannya rusak parah dan susah sembuh meskipun dia udah nyobain berbagai macem jenis operasi dan pengobatan. Nah, pas udah mau nyerah, dia dikasih tau sama koleganya bahwa ada orang yang lebih cacat dari dia dan bisa sembuh. Nah, karena dia nggak mau jadi cacat, akhirnya dia datengin orang itu dan nanyain beberapa informasi soal pengobatan jenis apa yang dia pernah dapetin.

Ternyata, pengobatannya bukan medis, kayak sejenis pengobatan tenaga dalam gitu lah, tapi jauh pisan, di Nepal, tapi tetep didatengin, kan pengen sembuh tea. Sama kayak kolega yang rumahnya di Baleendah tapi kuliah di Itenas. Jauh tapi nggak kenal absen. Nah, di situ dia ketemu sama The Ancient One (Tilda Swinton) dan diajarin ilmu-ilmu gaib. Nggak deng, ya, pokoknya diajarin mejik gitu lah. Singkat cerita, buat nyembuhin dirinya itu akhirnya dia harus belajar, terus eee keterusan, dan jadi sakti aja. Dari ahli bedah jadi ahli nujum. Tapi, kayak gimana mejiknya? Terus apakah akhirnya dia bisa sembuh? Ah, itu mah kamu harus nonton sendiri.

Secara visual, Doctor Strange manjain mata banget kalau buat aku mah. Keren banget visual effect-nya, asli, tapi buat beberapa orang mungkin rada bikin pusing ya. Soalnya ada efek-efek kayak di film Inception tea geuning, yang bangunannya muter-muter terus bisa ngelipet gitu lah. Trippy abis. Tapi keren pokoknya mah. Pantesan bikinnya lama.

Dari segi cerita, film ini sayangnya biasa aja, sih. Gimana weh film superhero, yang baik lawan yang jahat. Jalan ceritanya nggak terlalu memorable lah. Tapi, Doctor Strange ini semacam “angin segar” buat kita yang mulai agak bosan sama film-film Marvel, karena si tokoh utama superhero-nya alias Doctor Strange ini tuh penyihir, bukan miliarder jenius, bukan korban eksperimen sains, dan bukan juga manusia yang datang dari dimensi lain, tapi dia manusia yang belajar sihir. Tujuan dia belajar juga bukan buat nyelamatin dunia, tapi buat diri dia sendiri. Ya bedanya sama superhero-superhero Marvel yang lain, Doctor Strange dapet ilmunya dari belajar. Sok atuh, kamu juga belajar yang giat siapa tau bisa jadi sakti juga!

 

NB: Kalau kamu fans Marvel sejati jangan lupa tetap duduk diam sampai second after-credit ya!

Rajin menabung dan tidak menggigit.