Bangkutaman Rilis “Lukisan” untuk Lokananta

Hiii-Hoo warga kreatif! Mau nanya, nih. Tau nggak, sih, tanggal 9 Maret kemarin sebagai Hari Musik Nasional? Kalau nggak tau, saya kasih tau. Kalau lupa, diingetin ku saya. Nah, mungkin masih banyak yang nggak memedulikan Hari Musik Nasional. Sabodo teuing mun ceuk orang Sunda mah. Seakan-akan nggak ada yang memedulikan kalau tanggal 9 Maret itu diambil dari tanggal lahir bapak Wage Rudolf Supratman.

Nah, masih berkaitan dengan Hari Musik Nasional. Kali ini Bangkutaman, bertepatan dengan Hari Musik Nasional, merilis sebuah lagu yang berjudul Lukisan.  Lagu itu merupakan proyek Bangkutaman untuk Lokananta. Yup. Lokananta yang legendaris itu. Sebuah perusahaan rekaman musik pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1956. Berlokasi di Solo, Lokananta terkenal telah lama melakukan produksi dan duplikasi piringan hitam, kaset audio hingga cakram padat. “Sedikit mungkin yang ngeh kalau 9 Maret itu adalah Hari Musik Nasional dan bingung bagaimana kita harus meresponnya. Juga tentang Lokananta, sebuah tempat yang harus di-preserve dengan baik sehingga bisa bertahan terus sampai anak cucu kita,” ungkap Wahyu.

Oh iya, warga kreatif! Lukisan ini yang ditulis oleh Wahyu Acum di dalam bus, lho! Waktu Bangkutaman sedang dalam perjalanan dari Padang ke Pekanbaru pada 9 Oktober, dua tahun lalu. Mereka terinspirasi saat melewati jalan yang berkelok dengan pemandangan hutan dan sungai yang luar biasa. Wah, keren, di bus aja masih bisa berkarya! Salut!

Jadi, untuk warga kreatif  yang penasaran sama lagu Lukisan dari Bangkutaman bisa unduh di sini atau streaming lewat berbagai layanan streaming musik. Oh iya! Hampir lupa. Seluruh hasil dari streaming dan pengunduhan lagu ini akan diwujudkan sebagai aksi sosial yang juga berkolaborasi dengan Lokananta nantinya. Mantap kan? Sukses terus untuk Bangkutaman, kita tunggu karya-karya mereka yang selalu menginspirasi pendengarnya.


Twitter: @bangkutaman

Instagram: instagram.com/bangkutaman_id

Teks: Gilang Yusuf  |  Foto: dok. Bangkutaman

Ruang Alternatif Kamu