Bandung Clean Action: Simbol Cinta dan Kegemasan terhadap Bandung

“Cinta itu butuh simbol. Cinta nggak bisa hanya di kata, namun harus ada di laku!”. Yak, cut. Mantap! Keren yah? Kalimat tadi adalah kalimat pas aku ngobrol bareng  Hendro Talenta selaku penggagas Bandung Clean Action. Warga kreatif, ada yang tau Bandung Clean Action?

Buat yang selama ini koar-koar cinta sama Bandung atau bahkan ngeluh sama jalanan yang sering macet atau banyak sampah tapi nggak ngelakuin apa-apa, kayaknya harus malu deh. Cinta teh kudu sama bukti atuh, kayak yang dilakuin mereka. Makanya, aku penasaran karena pernah beberapa kali ngeliat sekelompok orang kumpul buat bebersih beberapa sudut Kota Bandung. Langsung deh cus aku ajak ngobrol.

Katanya, Bandung Clean Action ini terbentuk dari kegemesan masyarakat Bandung dari lintas profesi melihat permasalahan sampah yang tak kunjung selesai di Kota Bandung. Pada 21 Februari 2014, saat perayaan Hari Peduli Sampah Nasional, Hendro dan kawan-kawan mengumpulkan berbagai stakeholders; pemerintah, media, pengusaha, akademisi, komunitas, dan praktisi lingkungan untuk nonton bareng film Trashed (2013) besutan sutradara Candida Brady, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan awareness terhadap isu yang urgent ini. Ternyata feedback-nya positif, dari saat itu terbentuklah Program Bandung Clean Action. Jadi, Bandung Clean Action ini adalah program, bukan komunitas atau LSM, namun jiwanya adalah kerelawanan.

ABC_6927-1024x678

Gerakan Pungut Sampah, #goodfestival, RecyclebankID, PRABU, Miss Cleanaction, #Gerakan1000Tumbler, Program Sekolah Keren, Nobar Keren, Zona Keren, Gera baik, Walungan Sehat dan Marketplace Race adalah beberapa program dari Bandung Clean Action. Adapula kegiatan yang rutin dilakukan, di antaranya Reclaim Area setiap weekend di berbagai area publik yang diorganisir oleh komunitas di wilayah tersebut.

Hal baik mah emang selalu bikin adem dan diterima dengan baik, makanya nggak heran kalau pemerintah Kota Bandung memberi dukungan penuh bagi program mereka. Malah Atalia Kamil, alias si Cintanya Wali Kota Bandung, suka ikutan bebersih bareng mereka. Enak!

Nah, di acara Keukeun 2016, Bandung Clean Action turut ambil bagian, neh, warga kreatif! Di Keukeun 2016 nanti mereka akan mengampanyekan “Bagaimana Menjadi Tuan Rumah yang Baik”, karena sebentar lagi Kota Bandung dan Jawa Barat akan jadi tuan rumah untuk PON XIX dan PEPARNAS XV yang bisa dibilang perhelatan olahraga terbesar di Indonesia.

WP_20150125_052-1024x577

“Di Keuken 2016 ini kita pengen ngajakin semua elemen acara baik itu pengunjung, tenant, dan panitia untuk belajar bareng bagaimana bisa memberikan teladan di ruang publik lewat cara-cara yang menyenangkan,” kata Hendro Talenta. Dia juga ngasih tau neh, akan ada pula beberapa workshop tentang sustainable lifestyle. Da jadi orang Bandung mah selain wajib kreatif juga wajib jadi teladan, csku!

Bandung Clean Action punya pesan buat seluruh warga kreatif di alam dunia; “Yang bilang cinta kotanya, simbolnya ya mau pungut sampah, mau pilah sampahnya dan simpen di tempat yang bener, mau bawa tumbler, misting atau reusable bag biar nggak nyampah lagi. Kalian juga bisa. Yuk mulai tunjukan cinta kalian dari hal yang kecil, mulai dari diri sendiri, dan mulai sekarang”. Pesan yang udah ada dari jaman TPA Leuwigajah longsor, tapi selalu sulit untuk kita terapkan secara kontinu.

Kalau udah baca ini, udah beneran yakin cinta sama Bandung belum? Yuk, gerak! Cinta sama pacar aja butuh tindakan, masa cinta sama Bandung cuma lewat status di media sosial doang.

______________________________________

Bandung Clean Action

E-mail: bdg.cleanaction@gmail.com

Twitter: @BDGcleanaction

 

Foto: dok. Bandung Clean Action

Menghabiskan banyak waktu di dapur. Kamu apa kabar?