“Bandung City Rockers”, Persembahan Wilderness untuk Bandung

“Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi”. Pastinya warga kreatif udah pernah denger quote-nya Pidi Baiq yang itu, kan? Apalagi yang suka jalan jalan ke Alun-alun, soalnya kutipan itu tercetak besar di bawah jembatan di sana. Bandung memang menyimpan banyak cerita, dan nggak jarang membuat orang jatuh cinta. Aih. Eh, tapi beneran, nih. Salah satu korbannya adalah band Wilderness, unit indiepop asal Stockholm, Swedia. Saking sukanya sama Kota Kembang ini, mereka menyimpan satu lagu tentang Bandung di album terbarunya.

Wah, kok bisa-bisanya band asal Swedia menciptakan lagu tentang Bandung? Ya bisa dong. Jadi, pada tahun 2009, Wilderness bersama band indiepop Penny Century datang ke Bandung, lalu datang ke gig di sebuah Cafe. Di situ mereka takjub menyaksikan bagiamana audiens Bandung secara antusias membawa gaya-gaya khas mulai dari mods, pun, indiepop, hingga britpop. “Saat kami berada di Bandung, kami sangat terkejut dan kagum akan pergerakan musik pop di sana dan obsesi mereka dengan kultur British. Di sana seperti semua orang yang kami temui adalah anglophiles,” begitu kata Kim, frontman Wilderness, saat menjelaskan permulaan romantisme Wilderness dengan Bandung.

Ditambah lagi, pas Kim lagi jalan jalan mengitari Bandung bersama seorang teman, lagu View From A Hill-nya The Chameleons mengalun dengan syahdu dari cassette player mobil, menambah impresi tersendiri baginya terhadap Bandung. Hal-hal itulah yang kemudian menjahit ikatan spesial antara Wilderness dan Bandung; energi pop yang hidup, keberagaman subkultur, referensi musik dan lifestyle, hingga keramahan orang-orang di dalamnya.

“Lagu kami, Bandung City Rockers adalah sebuah tribut untuk kultur pop dan skena di sana serta orang-orang terbaik yang kami jumpai di Bandung,” ujar Kim. Karena itu, pas Record Store Day 2016 kemarin, Wilderness resmi merilis album Vallsundet 1924 untuk wilayah Indonesia, bersama dengan Lou Belle dan Color Code Records. Kental dengan nuansa instrumental pop klasik ditambah sentuhan khas gitar dan synthesizer, album ini menyimpan satu nomor berjudul Bandung City Rockers. Sebuah tribute khusus bagi Kota Kembang.

Album Vallsundet 1924 ini didistribusikan perdana di RSD kemarin, di Omuniuum dan Loubelle, dengan harapan bisa membawa nuansa segar bagi skena indiepop Indonesia. Jangan sedih kalau kamu nggak sempet beli albumnya di RSD kemarin, karena lagu mereka juga bisa didengarkan di :

________________________________

Website: wldrns.se

Facebook: facebook.com/wldrns

Twitter: @wldrnsmusic

Ruang Alternatif Kamu