Album: Skandal – Sugar EP

Indeks Prestasi Keren (IPK): 7,5/10

Kira-kira, apa yang terbesit di pikiran kamu kalau ada temen yang bilang “skandal”? Edan, terbesit. Nih, ya, kalau denger kata “skandal”, terus masih kepikiran hal-hal aneh, coba deh, sekarang mah harus langsung ngeuh-nya sama band asal Yogyakarta. Hahaha, maksa pisan teu? Bae lah. Kalau begitu, warga kreatif, ini dia, Skandal!

Setelah terbentuk dari tahun 2011, akhirnya di akhir tahun lalu, kuartet alternative rock ini meluncurkan EP perdananya yang berjudul Sugar lewat naungan Yellow Records. Judul Sugar sendiri diambil dari salah satu lagu yang memiliki titel yang sama di mini album ini. Mini album Sugar berisikan 5 lagu dengan durasi total sekitar 18 menit. Nggak lama lah segitu mah, karena yang lama mah nunggu angkot ngetem di terminal Kebon Kalapa. Sorry.

Dibuka dengan Sugar, track dengan intro yang tanpa tedeng aling langsung menyuruh kita untuk larut hepi-hepi. Untuk warga kreatif yang sering keblinger sama si doi meskipun lagi keringetan, berarti dia adalah Sugar-nya kamu. Hahaha, naon, sih. Dilanjut dengan Superfine di track ke-2, sebelumnya Superfine ini sudah dilepas menjadi single jagoan di sekitar bulan Desember tahun lalu. Track yang menurut saya lebih sentimen ini bisa saja mengoyak kegundahan warga kreatif kalau lagi lengah. Jadi, jangan sampai lengah. Tetep waspada dong ah.

Di track ke-3 ada Stay Slay Slack yang hadir sebagai lagu yang berjudul bahasa Inggris tapi berisikan lirik bahasa Indonesia. Dengan tempo yang cenderung slow ditambah dengan sedikit spoken words, dan paduan kombinasi vokal dari Robertinus Febrian (gitar/vokal) dengan Gusti Arirang, membuat Skandal cukup sukses bernarasi ria di track ketiganya ini. Meskipun setelah mendengar track ini saya malah teringat sosok Jimi Multhazam (Morfem). Hahaha, teuing kunaon. Random kieu.

Stuck and Straned sebagai track ke-4 hadir untuk warga kreatif yang sering merasakan terjebak di dalam pikirannya sendiri. Lagu ini berhasil menjadi salah satu lagu favorit saya. Tentu, selain saya cukup relate, suguhan tempo, tone, dan melodi musik yang  cerah malah sukses menghadirkan kenaifan dari Stuck and Straned itu sendiri. Hm, paham ih.

Sidewalk Song didaulat sebagai track penutup yang gurih di Sugar EP ini. Nuansa power pop 90-an yang disuguhkan terasa lebih kentara dibanding beberapa track sebelumnya. Lirik yang nggak bertele-tele juga jadi salah satu poin tambah untuk track penutup ini. Gurih. Sebuah EP yang sederhana dan menarik dari Skandal memang cukup jadi pelepas dahaga untuk pendengarnya yang cukup lama menanti. Merangkum power pop, indie rock, dan slack rock dengan begitu apik dan ringan, Skandal tentu patut ada di playlist warga kreatif semua. Tapi, inget kata iklan, jangan kebanyakan gula, bisi diabetes. Akhirul kalam, selamat atas rilisnya Sugar EP dan semoga kian mantap duhai Skandal!


Tracklist:

1. Sugar

2. Superfine

3. Stay Slay Slack

4. Stuck and Straned

5. Sidewalk Song

si sehat dan lincah