Album: Secret Meadow – Same Old Fear EP

Indeks Prestasi Keren: 7,2/10

Waduh, udah lama, nih, nggak nge-review EP hasil karya anak luar Bandung. Hmm. Biasa lah ya, superiority complex, complex Kopo Indah. Ih lucu. Hehe. Nah kali ini, nih, aku mau bahas EP dari band asal Jabodetabek ceuk Soundcloud-nya mah, Secret Meadow! Yep, band yang beranggotakan Ricardo Taufano (gitar/vokal/synth), Jaro Perang (gitar/synth), Arief R Wijaya (bass), dan Mulyana A. Viqry (drum) baru saja merilis EP yang diberi tajuk Same Old Fear di bulan Februari kemarin. EP ini berisikan lima lagu rasa “kekinian”. Menurutku band ini patut diajak maen ke Bandung!

Dibuka dengan Vexation, lagu yang benar-benar mengisyaratkan musik band Jakarta saat ini, lo-fi, minimalis, sentuhan synth, dan dominasi instrument menutupi artikulasi vokal.  Kalau dibilang bisa jadi lagu yang “ngebosenin” tapi nagih dan bikin kangen kalau udah nyantol. Lagu ke-2 diberi judul Followed by The Voice yang jauh lebih nge-beat dan memiliki variasi dentuman serta emosi di dalamnya.

Same Old Fear jadi lagu berikutnya yang punya aura yang sama. Dari judulnya aja udah keliatan lagu galau dan emang kalau dihayati cocok pisan didengerin sembari melihat tetes air hujan mengalir di jendela. Eh kumaha? Lagu ini jadi lagu favorit aku, karena punya twist ending dan menaruh sedikit binaural di akhir lagu.

Di lagu ke-4 jadi lagu paling nge-beat, kalau diumpamain mah akhirnya hujannya raat dan matahari mulai muncul kembali. Menariknya dari lagu ini adalah sentuhan nada minor di akhir lagu ini yang malah memunculkan paradoks tentang emosi lagu ini. Hmm. Mau seneng apa sedih, nih? Endlings jadi lagu penutup yang aku rasa punya dosis pas untuk menutup EP ini. Punya mood yang kurang lebih sama dan perlahan mengajak pendengarnya untuk melamban.

Meski sudah banyak band serupa, aku rasa Secret Meadow punya kekuatannya sendiri di kemampuan mereka membawa emosi dan mempertunjukkan plot twist di akhir lagu-lagunya. Nah, buat kalian yang penasaran sama lagunya bisa cek aja langsung ke Spotify atau akun Soundcloud mereka. Yok ayo, siapa, nih, yang mau ngundang mereka ke Bandung? Ingin nonton live-nya. Hehehe.


Tracklist:

1. Vexation

2. Followed by The Voice

3. Same Old Fear

4. Water in The Flowing River

5. Endlings