Press "Enter" to skip to content

Album: Elemental Gaze – Elemental

Di Indonesia, nge-band emang jadi urutan ke berapa dalam hidup, ya. Urutan 3 teratas tetap Harta, Tahta, dan Wanita. Oh iya, sama Pendidikan ada di urutan ke-4. Saya juga nggak paham kenapa bisa masuk ke situ tapi, ya, namanya juga anak band, rata-rata masih mengeyam pendidikan. Dan akhirnya, setelah sekian lama, Elemental Gaze mengeluarkan album berjudul Elemental yang dirilis lewat Sorge Records.

Sebenarnya, Elemental dari Elemental Gaze berisikan lagu-lagu yang sudah pernah kita dengar atau pernah kita temukan di dunia maya. Seperti Unperfect Sky, Actually Storm Came Out From Your Soul, Let Me Erase You, Behind The Window I See dan lainnya yang tertera di bawah. Kalau disimpulkan, album ini, ya, sebagai sebuah pernyataan bahwa trio shoegaze/dreampop asal Bandung ini bisa menyusun lagu-lagunya dalam bentuk fisik. Ya, mungkin karena ingin bisa dikoleksi aja.

Tapi, ada satu judul lagu yang membuat saya merasa senang, karena lagunya dibawakan dengan bahasa Indonesia. Ngaben, yang judulnya diambil dari nama upacara umat Hindu di Bali. Ya, tau dong, upacara apa. Aransemen musiknya ciamik, deh. Bayangin aja, noise ala shoegaze dikombinasi elemen-elemen musik dari Bali dan liriknya juga seakan mengajarkan kalau dunia itu sifatnya fana. Edan.

Ngaben menjadi perbedaan yang sangat jelas dalam album Elemental. Sebelumnya Elemental Gaze nggak sering memainkan alat musik konvensional. Mereka lebih senang menggabungkan sound-sound yang tercipta dari mana aja. Ya, contohnya judul-judul lagu di atas, yang menggunakan instrumen-instrumen tetabuhan digital, sehingga terdengar sangat dinamis dan cocok buat teman tidur.

Dengan adanya Elemental, Elemental Gaze terasa semakin dewasa, dengan mengeksplorasi elemen-elemen yang ada di dalam musiknya. Ya, judulnya aja kayak gitu. Hehe. Tapi beneran, emang kumpulan musik yang ditawarkan di album ini, memberikan kilatan cahaya baru bagi pendengar shoegaze yang bosen dengan hawa-hawa gloomy. Sana beli albumnya.

 

Tracklist:

1. Aurora

2. To Leave After The Memories Are Full

3. Unperfect Sky (feat. Sigit Agung Pramudhita)

4. Behind The Window I See

5. Actually Storm Came Out From Your Soul (feat. Deni Ramdhani & Devita Ayu Anggraeni)

6. Let Me Erase You

7. God Knows Why This Should Be Kept All The Time

8. My Life Without Me

9. Ngaben (feat. Ida Ayu Paramita Sarasvati)

10. Winching The Night Away (I)

11. Winching The Night Away (II)
 

*Tom & Jerry’s Opening Score*