“ACFFest 2015”, Film Pendek Jadi Media Kampanye Anti korupsi

Halo pemilik darah yang berapi-api! Aku yakin, lah, kita udah paling kesel sama tukang bohong, tipu-tipu macam koruptor. Fakuy pisan. Bikin semua orang resah, sih, termasuk para pelakunya, resah dikeselin sama semua orang. ciyan deh lau. Saking bikin resah semua orang sampai-sampai tanggal (10/12) dijadikan Hari Anti Korupsi sedunia. Bertepatan pada tanggal yang sama tahun ini, KPK bikin gelaran Anti Corruption Film Festival #3 (ACFFest 2015) di gedung New Majestic, Braga.

ACFFest adalah ajang kompetisi buat para sineas muda di seluruh Indonesia berkampanye anti korupsi di ranah budaya pop melalui film pendek. Film pendek dipilih sebagai media kampanye karena dianggap sebagai media yang paling relevan dengan karakter masyarakat indonesia, masyarakat visual kalau kata Ary Nugroho. Sementara tujuan acara ini adalah untuk menyebarluaskan nilai-nilai anti korupsi seluas-luasnya ke lapisan masyarakat melalui film. Disini para sineas muda dituntut untuk turut memposisikan diri mereka sebagai agen perubahan, seperti tagline acara ini yaitu “make your move, make your movie”.

Tahun ini partisipannya mencapai 513 applicant dari seluruh Indonesia, merupakan jumlah paling banyak selama gelaran ACFFest selama ini. Karya yang masuk dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu fiksi, dokumenter, animasi, iklan layanan masyarakat, citizen journalism, dan bikin film bareng KPK. Kategoti terakhir adalah kategori baru pada tahun ini, jadi applicant cuma perlu apply konsep film pendek mereka kemudian proses produksinya dibantuin dari pihak penyelenggara. Asik pisan kan! Nih aku kabarin pemenang ACFFest Award 2015 per-kategorinya:

Film Fiksi Pelajar: Wahya Agung Prasetyo – Nilep

Film Fiksi Umum: Rahma Nurlida Sari – Nyumbang

Film Dokumenter Pelajar: Genggam Arsuma & Nadya Laras Ayu – Di Balik Kilang

Fim Dokumenter Umum: –

Film Animasi: Oktodia Mardoko & Haryadhi – Race

Video Citizen Journalism: Is Arianto – Aksi Protes Mancing Di Tengah Jalan

Iklan Layanan Masyarakat: Kebocoran Aliran Dana

Bikin Film Bareng KPK: Aprilingga R. Dani – Tinuk

Naah karya yang menang award bisa kita saksiin sendiri, barengan juga boleh, di channel streaming KPK bernama Kanal KPK, dan untuk yang nggak sempat datang ke acara ini, tenang, kamu belum rugi banyak. Tinggal datang ke Sabuga hari Jumat (11/12) dari jam 10 siang untuk lihat pemutaran film pendek peraih award yang disebutin tadi. Sip-sip ya!

Tambahan dari Johan Budi selaku ketua KPK, bahwa kampanye ini adalah bentuk sosialisasi pencegahan, bentuk investasi pembangunan moral bangsa. Dengan harapan nilai yang hendak disampaikan lewat karya-karya film pendek ini bisa lekat di hati masyarakat. Yap, metode yang dipakai macam tayangan sinetron televisi yang bisa mempengaruhi gaya berpakaian kita gitu. Tentu pembangunan moral yang diharapkan nggak dalam jangka waktu yang sebentar, belum juga bisa dibuktikan melalui data empirik, tapi mereka pada optimis gitu eung. Kayak aku.

                                                                                        

Website: www.acffest.org

Twitter: @ACFFest

Channel Streaming: kpk.go.id/kanalkpk/